Tiang Listrik di Tengah Jalan Banyuwangi Sudah Makan Korban, PLN Segera Memindahkannya

Reporter : Apriliana Devitasari - klikjatim.com

Tampak posisi tiang listrik berada di tengah jalan Wiroguno, Desa Dasri, Tegalsari, Banyuwangi. (ist)

KLIKJATIM.Com | Banyuwangi – Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Banyuwangi menyatakan, segera akan memindahkan tiang listrik yang ada di tengah Jalan Wiroguno, Desa Dasri, Tegalsari. Hal tersebut disampaikan oleh Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banyuwangi, Krisantus Setyawan.

BACA JUGA :  Nganjuk Ditunjuk Jadi Feild Project Sekolah Penggerak

“Rencananya, Minggu depan tiang listrik yang ada di tengah jalan Wiroguno akan kami eksekusi dipindah ke tepi jalan. Untuk sementara ini sejak kejadian kecelakaan tersebut tiang telah kami cat fosfor yang menyala, agar bisa menjadi perhatian pengguna jalan. Ini sembari menunggu tiang dipindah,” kata Krisantus.

Perlu diketahui bahwa Jalan Wiroguno merupakan jalur alternatif untuk mengurai kemacetan di wilayah Kecamatan Genteng, yang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi di luar pusat kota Banyuwangi. Sebagai jalur alternatif, sehingga jalan setempat dilebarkan dari yang semula empat meter menjadi delapan meter. Otomatis tiang litrik yang awalnya berada di pinggir jalan telah berubah menjadi agak ke tengah setelah ada pelebaran jalan.

Bahkan keberadaan tiang listrik yang berada di tengah jalan itu sempat ‘makan’ korban, yaitu terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Seorang warga menabrak tiang listrik yang ada di tengah Jalan Wiroguna pada 18 Februari 2021 lalu.

Korban diduga tidak paham medan jalan, sehingga tidak mengetahui jika ada tiang listrik di tengah jalan. Apalagi kondisi jalanan pun gelap karena memang belum difungsikan seluruhnya.

Dengan kejadian ini, lanjut Krisantus, pihaknya akan segera memindah tiang tersebut ke tepi jalan. Untuk jumlah tiang yang masuk ke badan jalan di kawasan setempat ada tujuh titik dan semuanya akan dipindah ke tepi jalan.

“Saya sudah minta ke staf untuk cek ke lokasi dan segera menggali terlebih dulu lubang untuk penanaman tiang. Jika tidak aral, pekerjaan pemindahan tujuh tiang yang di tengah jalan bisa kami lakukan Minggu depan ini,” tandasnya.

Krisantus menambahkan, seiring dengan pembangunan jalan tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya. Pihaknya juga sudah bersurat ke Unit Induk untuk diteruskan ke pusat, terkait rencana pemindahan konstruksi tiang ke tepi jalan agar tidak mengganggu pengguna jalan.

“Sebetulnya PLN juga sudah memberikan tanda marka di sekitar tiang listrik sebagai tanda waspada pada pengguna jalan. Teman-teman Pemkab Banyuwangi juga sudah memasang garis penanda, dan sekarang dipasangi barrier di masing-masing tiang,” imbuhnya. (nul)