Simak 5 Khasiat Belut yang Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Anemia

Reporter : Redaksi - klikjatim

KLIKJATIM.Com | SURABAYABelut merupakan jenis ikan yang bentuknya menyerupai ular dan mudah dijumpai di area persawahan.

Selain itu, belut cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia untuk dijadikan lauk bersama nasi.

Menu olahan belut juga cukup beragam, seperti digoreng, ditepung, direbus, atau dengan cara lainnya.

Selain memiliki rasa yang gurih dan enak, belut ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat yang diberikan belut untuk tubuh cukup menakjubkan.

Mengutip laman Dinas Kesehatan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng via JawaPos.com, Senin (20/5), berikut adalah 5 khasiat belut yang baik bagi tubuh.

1. Sumber energi tubuh

Belut memiliki kandungan kalori yang bisa dijadikan sumber energi tubuh guna mendukung kebugaran tubuh dengan baik untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Hanya saja, karena tingginya kandungan kalori di dalam daging belut, tidak boleh sembarangan saat memakannya bersama dengan nasi atau sumber karbohidrat lainnya demi mencegah kenaikan berat badan atau dampak kesehatan lainnya.

2. Memperkuat tulang dan gigi

Belut juga memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat memperkuat tulang dan gigi.

Selain itu, rutin mengonsumsi belut dapat mencegah datangnya masalah osteoporosis. Dengan demikian, para lansia sangat direkomendasikan untuk rutin makan daging belut.

3. Mencegah anemia

Salah satu kandungan yang bisa ditemukan di dalam daging belut adalah zat besi. Zat besi yang melimpah dalam daging belut memiliki peran penting dalam mencegah anemia.

Selain bisa mencegah anemia, keberadaan kandungan ini juga bisa membantu menjaga kecukupan sel-sel darah merah di dalam pembuluh darah.

4. Kandungan protein tinggi

Belut memiliki kandungan protein yang tinggi. Dengan mengonsumsi satu porsi belut sudah bisa memenuhi asupan protein harian yang berada di angka 20 gram.

Oleh karena itu, anak-anak, remaja, dan ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi belut karena kandungan proteinnya yang tinggi bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk janin di dalam kandungan. Keberadaan protein juga bisa membantu kesehatan otot dan saraf-saraf tubuh.

5. Menyediakan berbagai macam vitamin

Selain kandungan yang telah disebutkan di atas, belut ternyata juga memiliki tinggi kandungan vitamin, seperti vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

 
Kemudian, ada juga kandungan vitamin B yang dapat mendukung kesehatan otak dan produksi enzim-enzim tertentu. Rutin mengonsumsi belut juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan saraf.

Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengolah daging belut dengan tepat, misalnya tidak menggorengnya sembarangan, mengolahnya dengan tepung, atau membakarnya hingga gosong karena hal tersebut justru bisa menghilangkan manfaat sehatnya. (gin)