Sebanyak 302 Kades di Tuban Dapat SK Perpanjangan Jabatan Delapan Tahun

Reporter : Muhammad Nurkholis - klikjatim.com

Bupati Lindra menerima simbolis ucapan terimakasih dari perwakilan kades atas 3 tahun kepemimpinan Lindra (Kholis/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Tuban – Tak kurang dari 302 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tuban resmi terima Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan baru menjadi 8 tahun, dari sebelumnya 6 tahun.

Penyerahan SK ini bertempat di Pendopo Kridha Manunggal Tuban, dan diserahkan langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Kamis 20 Juni 2024.

“Hari ini para kades mendapatkan penambahan masa jabatan 2 tahun jadi genap 8 tahun,” ujar Aditya Halindra Faridzky.

Lebih lanjut Lindra menambahkan total Kades yang mendapatkan SK perpanjangan yaitu 32 orang yang mana harusnya terdapat 311 Kades yang mendapatkan SK tersebut.

“Harusnya ada 311 Kades yang mendapatkan SK perpanjangan. Namun, 9 orang kades ada yang meninggal, terjerat kasus hukum dan ada yang mengundurkan diri menjadi karena menjadi Caleg,” imbuhnya.

Kemudian Lindra juga berpesan kepada para Kades agar dengan adanya tambahan waktu 2 tahun ini mereka bisa memberikan bukti nyata dalam mengabdikan diri di pemerintahan desa.

Sementara itu Ketua DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Tuban Suhadi dengan adanya perpanjangan jni ia mengucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Tuban atas adanya perpanjangan masa jabatan ini.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Mas Bupati Mas Lindra,” ujarnya.

Baca juga: Berkat Perubahan UU Nomor 3/2024, 408 Kades di Bojonegoro Dapat Tambahan Masa Jabatan 2 Tahun

Kemudian Ia juga menambahkan dengan adanya hal tersebut, ia akan berkomitmen dan terus tegak lurus pada Lindra dan akan mengawal Lindra hingga tuntas sampai akhir jabatan.

Disinggung dengan pernyataan tersebut apakah Papdedi akan mendukung Lindra dalam Pilkada. Suhadi mengatakan, Papdedi bersifat independen dan netral. Namun secara moral individu ia akan tetap mendukung Lindra.

“Secara organisasi Papdesi bersifat independen namun secara moral individu kami akan tetap mendukung beliau dan mensupport beliau untuk maju kembali dalam Pilkada November mendatang,” imbuhnya.

Menurutnya dukungan tersebut diberikan karena ia telah merasakan adanya pembangunan di Kabupaten Tuban dan dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Tuban terutama rakyat kecil.

“Banyaknya pembangunan yang kita rasakan seperti jalan lingkungan, jalan poros desa, jembatan, tempat pendidikan Alquran, sejak tahun 3 tahun terakhir sangat pesat,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, perpanjangan masa jabatan Kades hingga 8 tahun diatur dalam UU Nomor 3 tahun 2024 tentang Desa, yang disahkan pada April 2024 lalu.

Dan Kabupaten Tuban sendiri, pada Agustus 2025 terdapat 265 Kades dari 311 Desa yang masa jabatannya akan berakhir pada 2025. (qom)