Sanggar Daun Helat Pameran Seni Rupa Anak di Gresik

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik—Xylone Margareth andariska (10) hanya duduk manis sambil melihat berapa orang dewasa mengamati lukisannya yang terpampang di galeri Icon Mall Gresik, Sabtu (20/02/2020). Ya, deretan lukisan yang terpajang tersebut hasil karya bocah perempuan kelas lima SD tersebut.

[irp]

“Ini lukisan Dewi Laut,” tunjuk Xylone kepada salah satu lukisan bergambar perempuan di tengah laut.

Xylone menuturkan, proses kreatif yang mengilhami lahirnya karya lukis tersebut adalah cerita legenda Dewi Laut yang didapatnya, kemudian Ia tuangkan di atas kanvas dalam bentuk lukisan.

“Jadi aku baca- baca di internet cerita tentang itu, seorang ibu yang meninggalkan anak-anaknya kemudian menjadi putri duyung,” ceritanya.

Dalam rangka peringatan 17 tahun lahirnya sanggar daun, tak kurang 40 lukisan karya Xylone dengan media cat air diatas kanvas dipamerkan.

Arik S Wartono, pendiri dan pembina utama sanggar daun menuturkan, dalam usianya yang ke 17 tahun, sanggar yang dipimpinnya telah melaksanakan pameran di berbagai daerah bahkan luar negeri.

“Selain pameran lukisan juga kita menjadi peserta festival seni rupa anak internasional,” tuturnya.

Arik, sapaan akrabnya menyebut bila sanggar daun memang fokus pada pengembangan seni rupa anak. “Kreativitas adalah kata kunci bagi anak-anak daun, belajarnya pun banyak di luar ruangan, seperti trotoar, terminal dan lain sebagainya,” tutur Arik. (mkr)