Program CSR Cargill Indonesia Diganjar Penghargaan ISDA 2022

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Penganugerahan Penghargaan ISDA 2022 kepada Cargill Indonesia (Dok/PT Cargill Indonesia)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Program Corporate Social Responsibility PT Cargill Indonesia mendapatkan apresiasi dan penghargaan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA 2022) yang dihelat oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) bersama PPN/BAPPENAS RI.

Program penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi dan peran serta korporasi dan stakeholders dalam pembangunan berkelanjutan untuk kesejahteraan bangsa.

Baca juga: Cargill Gresik Gandeng Para Pihak Dalam Penanganan Stunting di Manyar

Dalam kompetisi bergengsi tersebut, dua program CSR PT. Cargill Indonesia – Cocoa & Chocolate Gresik yang diikut sertakan bertajuk “Konservasi Mangrove Biru Kalimireng dan Peningkatan Akses Air Bersih dan Sanitasi Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah”

Berdasarkan ISO 26000:2013 untuk SDG’s, program Mangrove Biru Kalimireng dinyatakan sebagai pemenang dalam kategori Gold atas kontribusinya dalam pencapaian SDG’s Tujuan ke 14 Ekosistem Lautan dan Progrm Peningkatan Akses Air Bersih dan Sanitasi Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah meraih penghargaan kategori Silver atas kontribusinya dalam pencapaian SDG’s Tujuan ke 6 Air Bersih dan Sanitasi. 

Program Konservasi Mangrove Biru Kalimireng di inisiasi oleh Cargill Gresik bekerjasama dengan Yayasan Esa Khatulistiwa dan ITS.

Biologi inisiatif ini menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan intervensi secara programatik diantaranya adalah Degradasi Keanekaragaman Hayati dan fungsi ekosistem Mangrove di sungai Kalimireng.

Masalah Eco literacy Mangrove yang belum menjadikan mangrove sebagai media pembelajaran kontekstual bagi sekolah di komplek Manyar dan Wisata Mangrove Kalimireng belum maksimal sebagai sumber ekonomi kreatif bagi warga Manyarsidomukti dan sekitarnya.

Sejak Kickoff Program yang di resmikan oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah pada

Oktober 2021, Program Mangrove Biru Kalimireng telah melakukan upaya pendekatan konservasi seluas 5 Ha dengan pengkayaan, pembibitan dan penanaman jenis mangrove sebanyak 6000 dengan 20% bibit mangrove jenis baru yang terus dimonitoring dan evaluasi selama 18 bulan.

Pembelajaran kontekstual melalui ecoliteracy mangrove ke 10 sekolah dasar, menengah dan atas di area tiga desa Manyar Kompleks (Manyarejo, Manyarsidomukti dan Manyarsidorukun) serta pengembangan pariwisata mangrove yang berbasis kemitraan.

Tentunya ketiga agenda tersebut masih terus dilakukan dan memerlukan dukungan multi pihak serta menjadi solusi bersama untuk menjaga mangrove Kalimireng tetap lestari.

Sedangkan Program Peningkatan Akses Air Bersih dan Sanitasi untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Gresik, Cargill menggandeng program Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS), Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) membantu sambungan air dan sanitasi bagi ratusan keluarga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sasaran dari program penyambungan saluran air minum rumah tangga adalah sebanyak 208 sambungan di 3 kelurahan yakni sebanyak 118 sr di Kelurahan Kroman, 56 sr di Kelurahan Sidokumpul dan 34 sr di Desa Tlogobendung serta sanitasi dan jamban sehat untuk 81 KK yakni di Kelurahan Lumpur 19 KK dan Kelurahan Sidokumpul sebanyak 62 KK.

Adi Suprayitno, Admin and Relations Manager PT. Cargill Indonesia menyatakan, bagi Cargill Gresik, meningkatkan kesejahteraan komunitas lokal adalah bagian penting dari komitmennya menjadi warga korporat yang bertanggung jawab. Sejumlah tanggung jawab sosial dan lingkungan yang menjadi kunci diantaranya keamanan pangan dan nutrisi, kehidupan petani, hak asasi manusia, kesetaraan dan inklusi, tata guna lahan, iklim dan Air.

“Kepedulian Cargill Gresik dalam menjalakan program konservasi mangrove dan membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk mengakses air bersih dan sanitasi merupakan wujud dari implemantasi Komitmen tersebut, selain itu tentunya juga turut serta dalam mensukseskan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) tujuan 6 dan 14,” ujarnya.

Perlu diketahui, Indonesia SDGs Award (ISDA) tahun 2022 merupakan ajang apresiasi yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD), yang didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM).

Baca juga: Cargill Indonesia Siapkan Produk Baru, Diyakini Bakal Dongkrak Pendapatan

Penghargaan diberikan kepada perusahaan atau institusi, atas kontribusinya dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Penghargaan tersebut juga ditujukan terhadap kontribusi nyata para pelaku, baik dari lingkungan korporasi, pemerintah, maupun lintas sektoral lainnya. Acara ini sukses dilaksanakan untuk yang kelima kalinya dan malam anugerah Indonesia SDGs Award (ISDA) tahun 2022 digelar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, 22 November 2022. (yud)