Ponorogo Jadi Lokasi Rukyatul Hilal Penentuan Syawal

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

Proses Rukyatul Hilal

KLIKJATIM.Com I Ponorogo – Bumi reog kembali ditunjuk Kementerian Agama (Kemenag) untuk menyelenggarakan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Syawal 1442 H.

BACA JUGA :  Tebus Pupuk Subsidi Pakai Kartu Tani Mulai Diberlakukan Tahun Depan

“Rencananya rukyatul hilal tersebut akan dilakukan di Pondok Pesantren Al Islam, Desa Joresan, Kecamatan Mlarak, besok, Selasa (11/5/2021) atau 29 Ramadan 1442 H, ” ujar Kepala Kantor Kemenag Ponorogo, Syaikhul Hadi, Senin (10/5/2021).

Dia menjelaskan bahwa ruqyatul hilal ini sebagai dasar dan pertimbangan sidang isbat yang akan dilakukan Kemenag di Jakarta.

“Tahun ini kita ditunjuk (Kemenag) untuk yang pertama kalinya menggelar ruqyatul hilal untuk menentukan 1 Ramadan dan 1 Syawal,” kata Syaikhul.

Dia mengaku memang baru pertama kali. Namun ruqyatul hilal di Ponpes Al Islam sudah lama dipakai oleh organisasi masyarakat, dan ahli hisab serta ruqyat untuk melihat hilal.

“Karena tahun kemarin bisa melihat hilal, tahun ini ditunjuk (Kemenag) sebagai pertimbangan sidang isbat,” tambahnya.

Syaikhul menyebutkan dalam ruqyatul hilal nanti, pihak-pihak yang akan dilibatkan sangat terbatas.

“Dari Pemkab Ponorogo, Ormas Islam, tokoh agama, dan perwakilan Ponpes Al Islam sendiri. Dalam pandemi Covid-19 ini tidak terlalu mengundang terlalu banyak orang,” pungkasnya. (bro)