Layanan Dispendukcapil di Kecamatan Belum Tuntas, Fraksi NasDem Gresik Geram

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Warga sedang antri layanan Dispendukcapil. (ist)

KLIKJATIM.Com | Gresik –  Fraksi NasDem Gresik mendesak kepada Dispendukcapil untuk segera merealisasikan pencetakan admnistrasi di kecamatan. 

BACA JUGA :  OPD di Pemkot Surabaya Semakin Ramping, 4 Dinas Digabung

“Apalagi anggaran sudah digedok  dan masuk APBD 2020. Ini sudah November kok belum realisasi. Layanan tersebut sangat dibutuhkan dan ditunggu-tunggu masyarakat, khususnya di Pulau Bawean,” geram Ketua fraksi Nasdem Gresik Musa.

Lanjut legislatif asal Bawean itu, meski dalam prosesnya ada informasi yang beredar tentang refocusing akibat covid-19, itu bukan alasan yang tepat.

“Kenapa proyek pembangunan Islamic Center masih terus jalan, sementara program yang dibutuhkan rakyat malah dihapus, fraksi Nasdem menyayangkan jika itu benar,” tegas Musa.

Sementara itu, Kadispendukcapil Kabupaten Gresik Khusaini menjelaskan, layanan adimistrasi kependudukan bisa diakses dan diurus di Kecamatan.

“Rinciannya dari semua kecamatan di Kabupaten Gresik. Pelayanan yang sudah siap di Kecamatan Driyorejo, Menganti, Benjeng, Cerme, Sidayu, dan Ujungpangkah. Kecamatan persiapan adalah Tambak, Sangkapura, Bungah,  dan Balongpanggang. Kecamatan yang belum, Wringinanom, Duduksampeyan,  dan Panceng,” katanya, Sabtu (14/11/2020).

Lanjut Khusaini, layanan administrasi kependudukan yang sudah di Kecamatan itu, bisa diakses oleh personal pemohon di aplikasi Poedak. hanya saja  melayani selain urusan E-KTP. 

“Kalau layanan E-KTP bisa di tiga Kecamatan, Dukun, Benjeng, dan Kedamean. Juga bisa di Mall Pelayanan Publik (MPP),” ujarnya.

“Sedangkan Kecamatan Gresik, Kebomas dan Manyar masuk wilayah Kota, ngurusnya bisa ke Dispendukcapil,” tutup dia. (bro