Empat Penumpang Innova Tewas Dihantam KA Logawa di Probolinggo

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

Mobil Innova L 1172 MW yang ditumpangi empat ringsek usai ditabrak KA Logawa di lintasan KA tanpa palang pintu di Desa Bayeman Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo

KLIKJATIM.Com | Probolinggo – Empat penumpang Toyota Innova nopol L 1172 MW tewas setelah mobil yang ditumpanginya ditabrak KA Logawa, Kamis (13/2/2022). Kecelakaan itu terjadi  di perlintasan Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, sekitar pukul 16.30  sore.

Saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan, mobil tersebut ditumpangi 2 laki laki dan 2 perempuan. penumpang mobil yang berisi dua perempuan dan dua laki-laki.  Mereka diperkirakan sales atau karyawan marketing sebuah perusahaan pakan ikan.

“Sepertinya mereka hendak ke tambak menawarkan pakan ikan. Kemungkinan besar warga luar kota bukan warga sini. Karena kalau lihat plat nomornya L. Mau ke tambak, ini sales mau menawarkan barang,” kata Imam, warga sekitar.

 

Dikabarkan, empat penumpang tewas.
Danton Polsuska Daop 9 Jember, Kapten Muhamad Halil menyebut, mobil penumpang itu ditabrak KA Logawa sekitar pukul 16.30 WIB. “Empat orang meninggal dunia, Mobil warna hitam itu, ditabrak kereta api Logawa,” terangnya.
Mobil berpelat L 1172 MW itu, dalam kondisi hancur tidak berbentuk. Warga mengatakan, penumpang mobil yang berisi dua perempuan dan dua laki-laki. Mereka diperkirakan sales atau karyawan marketing sebuah perusahaan pakan ikan.
“Sepertinya mereka hendak ke tambak menawarkan pakan ikan. Kemungkinan besar warga luar kota bukan warga sini. Karena kalau lihat plat nomornya L. Mau ke tambak, ini sales mau menawarkan barang,” kata Imam, warga sekitar.

Pelaksana Tugas Humas KAI Daops 9, Tohari kepada wartawan mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masinis KA Logawa bahwa telah ‘tertemper’ kendaraan roda empat di palang pintu yang tidak terjaga  Sehingga masinis izin untuk berhenti luar biasa untuk pemeriksaan lokomotif dan rangkaian.

Menurut Tohari, masinis KA Logawa telah memeriksa rangkaian dan terjadi kerusakan, sehingga sementara masinis KA Logawa melanjutkan perjalanan hingga di Stasiun Probolinggo dengan kecepatan terbatas.

“Mobil yang ‘tertemper’ KA masih berada di jalur rel kereta, sehingga petugas akan menderek mobil tersebut agar jalur kereta bisa dilalui oleh kereta selanjutnya,” tuturnya.

Untuk rangkaian lokomotif KA Logawa, lanjut dia, masih dilakukan pemeriksaan oleh kepala unit sarana di Stasiun Probolinggo dan selanjutnya kereta tersebut akan menunggu lokomotif penolong dari Depo Jember.

“Kami mengimbau semua kendaraan yang akan melalui perlintasan kereta api yang tidak terjaga sebaiknya menoleh ke kanan dan ke kiri untuk memastikan tidak ada kereta api yang lewat,” katanya. (ris)