Sehari, Dua Kebakaran di Gresik Gudang milik PT SCM dan Rumah di Kecamatan Dukun 

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Petugas Damkar Gresik melakukan pemadaman di dalam pabrik minyak goreng SCM di Menganti

KLIKJATIM.Com | Gresik — Kebakaran kembali terjadi diwilayah pergudangan. Siang tadi, Selasa (20/7/2021) sebuah gudang di Jalan Kedamean No 99, Boboh, Menganti terbakar. Karena kondisi cuaca panas, pemadaman pun cukup memakan waktu perkiraan hingga besok pagi. 

BACA JUGA :  Pertashop dan KUR Digencarkan, Kemenko Perekonomian Turun Sosialisasi

Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Gresik Eka Prapangasta mengatakan, titik awal api tersebut muncul sekitar pukul 11. 15 WIB. Pihaknya mengerahkan tiga unit mobil damkar. Bahkan, mobil tangki pengangkut air didatangkan untuk memasok suplai air mobil damkar.

Eka menyebut, kebakaran di Pabrik pembuat minyak goreng itu berlokasi di area pergudangan.Petugas pemadam api cukup kesulitan. Berjam-jam api tersebut disemprot air. Karena lokasi cukup sempit, petugas kesulitan masuk.

“Kami juga meminta bantuan Damkar Sidoarjo untuk pemadaman ini,” ujar Eka. 

Memang titik api itu terlihat berada di dalam ruangan yang banyak mesin-masin. Api itu keluar dari sela-sela mesin satu dengan yang lain. Sulitnya lagi, api tersebut berada di dalam ruangan area gudang yang cukup luas.

Eka mengaku, hingga berita ini ditulis pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran tersebut. Sebab di dalam lokasi, banyak mesin-mesin besi.

 “Setelah padam baru kita evaluasi. Ini masih proses pemadaman,”katanya.

Kebakaran juga terjadi di Desa Lowayu RT 20 RW 05  Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Satu rumah terbakar milik Supatmi sekitar pukul 14.35 WIB yang saat ini masih proses evakuasi pemadaman.  “Diduga ada konsleting listrik, dan alhamdulillah selesai sekitar pukul 15.36 WIB,” jelas Eka. 

Eka mengaku selama terjadi insiden kebarakan di Kabupaten Gresik, pihaknya selalu kewalahan sampai bantuan Damkar Surabaya dan Sidoarjo membantu untuk proses pemadaman kebakaran.

“Ini saja ke Kecamatan Dukun hanya tiga orang, satu mobil. Sedangkan pemadaman gudang pun pergantian shift, kami sangat butuh tambahan kelengkapan armada di Gresik ini,” pungkasnya.

Adapun jumlah penyelamatan sepanjang bulan Juli 2021 ada 5 kejadian, kebakaran 13 kejadian. Dan sepanjang tahun 2021 ada 140 kejadian kebakaran dan penyelamatan.  (ris)