Operasi Gabungan di Gresik Masuk ke Pasar Tradisional, Ini Yang Dilakukan

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Petugas sosialisasi pentingnya protokol kesehatan di Pasar PPS Gresik. (Faiz /klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Upaya penegakkan protokol kesehatan (Prokes) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Gresik terus digalakkan. Kali ini petugas gabungan TNI-Polri dan Satpol PP menyasar ke pasar tradisional, salah satunya di kawasan Perumahan Pondok Permata Suci (PPS), Senin (1/2/2021).

BACA JUGA :  Camat Dukun Tak Hadir Acara Wabup, Ternyata Sedang Tugas di Ujungpangkah

Saat itu kondisi pasar juga sedang ramai. Para petugas pun bergerak cepat membagikan masker gratis kepada para pengunjung serta pedagang, yang kedapatan sedang tidak pakai masker.

“Bu, sudah pada pakai masker semuanya nggeh,” ujar Kanit Binmas Polsek Manyar, Aiptu Moh Fahrur Rozi untuk memastikan bahwa semua orang yang sedang beraktivitas di pasar kala itu memakai masker.

Kapolsek Manyar, Iptu Bima Sakti Pria Laksana menjelaskan, kegiatan operasi ini merupakan implementasi perintah Presiden RI dalam rangka menegakkan kembali disiplin prokes. “Di mana pada titik tertentu terjadi kerumunan masyarakat, sehingga kami aparat TNI dan Polri bersinergi dengan instansi terkait untuk menegakkan pendisiplinan protokol kesehatan, dengan melakukan upaya-upaya humanis,” ungkapnya saat mendampingi Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto.

Selain bagi-bagi masker, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan 5M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas sebagai upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Kami mengimbau agar pengunjung dan penjual menggunakan masker, serta menjaga jarak saat beraktivitas,” tandasnya. (nul)