Bu Min Ungkapkan Komitmen Gresik Dalam Peningkatan Kapasitas Pemuda

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

KLIKJATIM Com | Gresik – Kabupaten Gresik terus berupaya dalam meningkatkan kapasitas dan skill pemudanya. Saat ini, Gresik telah berkomitmen agar dapat memberikan pekerjaan yang layak bagi para pemuda. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, saat menghadiri Wisuda Purna Siswa SMK Assa’adah ke 23, Minggu (21/05).

“Nanti, setelah lulus SMK, kalian dapat melanjutkan ke universitas untuk mendapatkan ilmu yang lebih tinggi. Atau bisa juga mendaftar ke rumah vokasi untuk melatih skill yang kalian miliki sehingga siap terjun ke dalam dunia kerja.” ujar mantan Kepala Sekolah SMK Assa’adah itu di depan 197 wisudawan.

Wabup yang akrab disapa Bu Min itu menuturkan, bahwa saat ini hanya Gresik yang memiliki rumah vokasi di Jawa Timur. Ini menunjukkan keseriusan Pemkab Gresik dalam menangani krisis pengangguran saat ini. Perlu diketahui, saat ini angka pengangguran Gresik masih mencapai 8%.

Untuk itu, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah dengan lembaga pendidikan dan lainnya dalam memaksimalkan SDM Gresik. Menurut Bu Min, dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dapat memaksimalkan potensi para siswa untuk dapat bekerja dengan layak.

“Kami beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Gresik, akan terus mendukung program dari seluruh lembaga pendidikan di Gresik. Apalagi yang berkaitan dengan pekerjaan,” ujar Bu Min.

Peka terhadap fenomena tersebut, SMK Assa’adah telah menjalin berbagai macam kerjasama. Antara lain kerjasama sinkronisasi kurikulum dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), industri mengajar, pemagangan siswa dan guru, rekrutmen tenaga kerja, dan penyaluran beasiswa prestasi yang diberikan oleh Bank Indonesia.

Bu Min juga memberikan motivasi agar para wisudawan semakin bersemangat setelah lulus. Salah satunya adalah dengan menjembatani kerjasama kuliah dengan Jerman.

“Tahun ini kita sudah membuka kerjasama kuliah dan kerja di Jerman. Tahun depan kita akan membantu sebesar-besarnya untuk mengirim lulusan Gresik ke sana (Jerman). Karena disana sedang membutuhkan banyak tenaga kerja.” ungkap Bu Min.

“Jangan mudah menyerah, tetap optimis terus. Mungkin kita sekarang kita tidak tahu akan menjadi apa, tapi kita harus tetap berusaha sekuat tenaga untuk bermanfaat untuk bangsa Indonesia ini.” imbuhnya.

Hadir dalam wisuda kali ini, Kepala Disparbudpora Syaifuddin Ghozali, Kepala Kamar Dagang dan Industri Gresik Choirul Rizal, Pemangku Pondok Pesantren Qomaruddin KH Ala’udin, dan para wali murid SMK Assa’adah. (ris)