Anak SMA Diajak KPU Gresik Jadi Pemilih Cerdas

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM, Makmun, saat memaparkan materi kepemiluan di SMAN 1 Sidayu (Dok/KPU Gresik)

KLIKJATIM.Com | Gresik – Gelaran Pemilihan Umum tahun 2024 yang makin dekat, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik makin gancar melakukan sosialisasi pada para calon pemilih, utamanya pemilih pemula.

Kali ini, para siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sidayu Gresik yang menjadi sasaran sosialisasi pemilu, melalui kedatangan Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM Makmun, pada Senin, (18/9/2023).

Dalam sosialisasi tersebut, Makmun menekankan pada para siswa SMAN 1 Sidayu, untuk mengingat tanggal pelaksanaan pemungutan suara, dan menyeru untuk menggunakan hak pilihnya.

“Perlu diingat ya, bahwa Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Dan kalian semua sebagai pemilih pemula, jangan sampai meninggalkan hak pilihnya,” terang Makmun, di Aula SMAN 1 Sidayu.

Dalam terusannya, Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM ini bahwa pemilu merupakan implementasi demokrasi di Indonesia, yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

“Jadi yang punya hak pilih itu, adalah WNI yang telah berusia 17 pada saat Pemilu 2024, atau sudah pernah menikah. Jadi kalian semua sekarang bisa langsung cek, apakah namanya masuk dalam daftar pemilih, melalui link cekdptonline.kpu.go.id” tambahnya.

Baca juga: KPU Gresik Lantik PPK dan PPS hasil PAW

Makmun menambahkan pula, bahwa nanti saat pemilu 2024, akan ada 5 surat suara yang akan dicoblos, yaitu Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon DPR-RI, Calon DPD-RI, Calon DPRD Provinsi, dan Calon DPRD Kabupaten.

Ia juga menjelaskan, bahwa kecamatan Sidayu ini akan masuk Dapil Gresik 7 yaitu Sidayu dan Ujungpangkah, dan akan mendapat 4 kursi DPRD Kabupaten Gresik.

“Kalian besok juga harus jadi pemilih yang cerdas, yaitu pemilih yang menentukan hak pilihnya berdasarkan pertimbangan yang rasional, menghargai perbedaan pilihan, mengikuti seluruh tahapan pemilu, serta berkontribusi memberikan masukan atau saran bagi calon yang terpilih,” jelas Makmun.

Selain melakukan sosialisasi dengan model pendidikan pemilih, Makmun juga mengajak para siswa nonton film pendek tentang kepemiluan, yang dapat antusias lebih dari para siswa.

“Pelajaran penting dari film itu, menurut saya adalah jangan egois dalam mengambil keputusan, contohnya dengan mengedepankan musyawarah, serta jangan memaksakan kehendak pribadi,” kata Dina, siswa Kelas X SMAN 1 Sidayu.

Kemudian pimpinan SMAN 1 Sidayu Idlhar, S.Pd menyatakan momen Pemilu 2024 ini, sangat tepat untuk sosialisasi pemilu oleh KPU, karena dalam Kurikulum Merdeka ada P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

“Terimakasih kepada Bapak Makmun dari KPU, yang telah bersedia membantu kita untuk menjelaskan secara nyata implementasi dari P5, sebagai wujud menancapkan budaya demokrasi sejak bangku sekolah bagi anak-anak didik kami,” ujar Waka Kurikulum SMAN 1 Sidayu itu.

Kegiatan sosialisasi itu ditutup dengan foto bersama, dengan berbagai poster berisi seruan untuk memilih di Pemilu 2024 besok. Turut hadir pula jajaran PPK Kecamatan Sidayu. (qom)