Uji Klinis Vaksin Merah Putih Unair Dijadwalkan Awal Februari di RSUD dr Soetomo

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Vaksin Merah Putih yang merupakan inovasi Unair bakal memasuki tahap uji klinis tahap pertama pada 9 Februari 2022 mendatang. Rencananya, uji klinis dilaksanakan di RSUD dr Soetomo.

Pelaksanaan uji klinis ini nanti dengan menyuntikkan vaksin ke 90 relawan berusia minimal 18 tahun, yang belum mendapat vaksin dosis pertama dan kedua.

“Semoga semua berjalan lancar, tidak ada kendala berarti dalam pengembangan vaksin karya anak bangsa ini,” ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Senin (31/1/2022).

Sesuai informasi, saat ini kelengkapan vaksin merah putih dan administrasi sudah dipenuhi. Bahkan seluruh tim sudah menemui pabrik untuk membuat obat yang baik atau Cara Pembuatan Obat Baik (CPOB).

Nantinya, dalam pelaksanaan uji kilinis fase pertama akan diujikan kepada relawan usia 18 tahun ke atas melalui proses screening yang ketat dan dilanjutkan fase suntik atau uji klinis. Sedangkan bagi anak-anak masih menunggu fase pertama usia dewasa selesai.

Para relawan yang akan melakukan uji klinis telah didata dan akan diminta datang di RSUD dr. Soetomo, yang direncanakan pada minggu pertama. Tepatnya tanggal 9 Februari ini. (nul)