PGN Saka Bantu 35 Lembaga Pendidikan TK/PAUD di Gresik

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Penyerahan bantuan untuk TK/PAUD oleh PGN Saka, Bunda PAUD Kabupaten Gresik Hj Nurul Fandi Akhmad Yani dan Camat Ujungpangkah Dwi Purbo

KLIKJATIM.Com | Gresik –  Komitmen PGN Saka terhadap kemajuan pendidikan di Ujungpangkah sangat tinggi. Mulai pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi menjadi target program pengembangan masyarakat atau CSR PGN Saka.

Perusahaan hulu migas yang menjadi operator Blok Pangkah ini misalnya di penghujung tahun 2021 memberikan bantuan sarana penunjang belajar untuk 35 lembaga pendidikan PAUD/TK/RA yang ada di Ujungpangkah.

Bantuan berupa komputer dan sound system ini pada hari Kamis (30 Desember 2021) diserahkan PGN Saka bertempat di pendopo Kecamatan Ujungpangkah.

Turut hadir menyaksikan pemberian bantuan ini antara lain Ketua Bunda PAUD Kabupaten Gresik Hj. Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani, Camat Ujungpangkah Dwi Purbo Wahyono, Pengawas Dinas Pendidikan dan PPAI Kabupaten Gresik, kepala dan guru TK/PAUD/RA, serta tokoh masyarakat Ujungpangkah.

Bunda PAUD Kabupaten Gresik bersama, Camat Ujungpangkah, perwakilan paguyiban PAUD Ujungpangkah dan PGN Saka

External and Government Relation PGN Saka Subali dalam sambutannya menyampaikan bahwa perusahaannya sudah lama menjadikan bidang pendidikan sebagai program CSR. Berbagai bantuan yang diberikan ditujukan untuk turut membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Ujungpangkah.

“Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia dalam jangka panjang. PGN Saka hadir membantu pemerintah dan masyarakat dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa”, ujar Subali.

Sementara itu ketua IGTKI Ujungpangkah Iroh mewakili lembaga pendidikan TK serta ketua Himpaudi Ujungpangkah Moelik mewakili lembaga pendidikan PAUD menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan PGN Saka.

Kepala dan guru TK/PAUD Ujungpangkah bersama Ketua Bunda PAUD Kabupaten Gresik Hj. Nurul Fandi Akhmad Yani

“Kami sudah berkali-kali dibantu PGN Saka. Bantuan komputer dan sound system kali ini tentu akan bermanfaat untuk menunjang belajar anak-anak. Sekali lagi terimakasih PGN Saka”, tutur Iroh dan Moelik.

Bunda PAUD Dukung Pendidikan Usia Dini
Ketua Bunda PAUD Kabupaten Gresik Hj. Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani memanfaatkan kesempatan bertemu kepala dan guru TK/PAUD Ujungpangkah dengan memberikan pembinaan.

Isteri Bupati Gresik yang sudah dilantik Gubernur Jawa Timur sebagai Bunda PAUD Kabupaten Gresik ini merasa terpanggil untuk turut memajukan pendidikan usia dini di Kabupaten Gresik.

“Pendidikan usia dini sangat penting, karena disitulah rentang usia the golden ages. Jika di usia ema situ kita kembangkan dengan baik, ini akan menentukan derajat kualitas kesehatan, intelegensi, kematangan emosional dan produktivitas manusia di rentang usia berikutnya”, ujar perempuan yang biasa dipanggil Bu Yani ini.

Menurut Bu Yani pengembangan pendidikan anak usia dini selain mengandalkan peran pemerintah, lembaga pendidikan TK/PAUD, peran orang tua dan keluarga juga sangat penting.

“Keluarga harus menjadi stimulus bagi anak-anak. Orang tua terlebih harus bisa menjadi pendamping anak-anak”, ujarnya.

Terhadap peran swasta dalam membantu pengembangan TK/PAUD Bu Yani selaku Ketua Bunda PAUD Kabupaten Gresik menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PGN Saka. Menurutnya peran swasta melalui program CSR sangat diperlukan mengingat pembiayaan pendidikan usia dini memang memerlukan sinergi dan kerjasama dengan berbagai pihak.

Ketua Bunda PAUD Kabupaten Gresik Hj Nurul Fandi Akhmad Yani menyampaikan sambutan pembinaan

Sementara itu Camat Ujungpangkah Dwi Purbo Wahyono pada kesempatan yang sama menyampaikan pentingnya pembiasaan anak usia dini untuk diberikan edukasi tentang kebersihan lingkungan.

“Permasalahan memilah sampah misalnya itu perlu kita berikan ke anak-anak. Kalau mereka sejak usia dini mindsetnya bisa kita bentuk untuk peka terhadap kebersihan lingkungan, tahu pentingnya memilah sampah. Insya Allah ke depan ini akan menjadi generasi harapan kita”, ujar Camat yang dikenal peduli lingkungan hidup ini.

Acara penyerahan bantuan PGN Saka ini ditutup dengan doa oleh kyai sepuh Ujungpangkah yakni KH Tarmudzi dan KH Mahmudi Ambar. (ris)