Gubernur Ingatkan Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor Berakhir Akhir Juli

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Gubernur Jatim Khofifah mengumumkan kenaikan pasien sembuh di Jatim mencapai 46 persen

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Program pembebasan denda pajak kendaraan bermotor untuk warga Jawa Timur hingga kini masih berlangsung. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengingatkan warga Jawa Timur atau wajib pajak kendaraan bermotor agar segera membayar karena program akan berakhir pada 31 Juli 2020 mendatang.

BACA JUGA :  Kader PDI Perjuangan Satu Garis Komando, Menangkan  Kelana-Astutik

“Jangan lupa, bebas denda pajak kendaraan dan denda bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) di Jatim berakhir 31 Juli 2020 ini,” kata Khofifah melalui postingan medsos Instagramnya @khofifah.ip.

“Kamu semua masih berkesempatan untuk membayar pajak kendaraan dan BBNKB yang terlambat tanpa dikenakan sanksi administratif. Segera manfaatkan sebelum berakhir,” tambahnya.

Sebagai catatan, Pemprov Jawa Timur (Jatim) sedianya menggulirkan program itu untuk mengurangi beban warga Jatim akibat pandeni Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Dalam program ini, Pemprov Jatim memberikan keringanan dengan menghapus denda pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) dan SWKLJJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Insentif pajak itu diperuntukkan bagi kendaraan roda dua (R2), roda tiga (R3), dan roda empat (R4). Untuk R2 dan R3 mendapatkan keringanan sebesar 15 persen. Sedangkan R4 mendapatkan keringanan sebesar 5 persen.

BACA JUGA :  Wabup Qosim Dorong Usaha Kreatif Rumahan di Tengah Pandemi

Untuk mempermudah proses pembayaran, wajib pajak bisa memanfaatkan pelbagai akses dan fasilitas. Mulai pembayaran lewat e-Samsat, Bank Jatim, Link Aja, Tokopedia, Griya Bayar Bank BTN, retail modern Alfamart dan Indomaret, serta Pos Indonesia.

Selama pembayaran pajak kendaraan, masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi penyebaran Covid-19. Mulai dengan cek suhu tubuh, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, gunakan masker dan face shield, serta jaga jarak dan kesehatan diri. (hen)