Generasi Muda Gresik Disarankan Berkoperasi Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Bangun ekonomi koperasi: Cak Rofiq dan Ketua Gerindra Gresik Asluchul Alif menyampaikan program penguatan koperasi (Dok/Gerindra Gresik)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Anggota Komisi B DPRD Jatim MH Rofiq mengajak masyarakat Gresik, khususnya generasi muda saling berhimpun membangun koperasi untuk mengembangkan perekonomian.

Hal itu disampaikan Rofiq dalam dialog optimalisasi pemberdayaan koperasi cara terhormat membangun ketahanan ekonomi rakyat, Sabtu (6/08/2022).

Cak Rofiq, sapaan akrabnya berpandangan, berkoperasi dapat menjadi titik awal pemerataan ekonomi.

“Karena saya lihat di Gresik, minat berkoperasi masyarakat, khususnya generasi muda lemah,” katanya.

Padahal, kemampuan ekonomi individu tidak semua kuat. Karena itu butuh kerjasama antar individu dalam masyarakat membangun institusi ekonomi bernama koperasi.

“Kalau kerja individual boleh saja asalkan kuat secara modal finansial maupun modal relasi,” kata dia.

Berkoperasi menurut Rofiq bisa menjadi solusi cepat mendirikan sebuah badan usaha kolektif. Karena tidak seperti Perseroan, Koperasi relatif membutuhkan modal kecil yang bisa dipenuhi lewat iuran pokok anggota.

“Dari situ ditentukan, Koperasi ini bergerak di bidang apa, bisa koperasi produksi, koperasi jasa dan sebagainya, kemudian dipenuhi seluruh aspek regulasinya sesuai Undang-undang perkoperasian,” kata dia.

Apalagi, lanjut Rofiq, dukungan korporasi, khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) cukup besar dalam membantu koperasi dalam aspek permodalan maupun akses bidang usaha.

“Saya lihat shared value corporate sudah banyak porsinya diarahkan untuk mendorong produktivitas ekonomi masyarakat, menciptakan berbagai bidang usaha rakyat, nah itu peluang bagi teman-teman untuk membangun koperasi,” kata dia.

Sebagai anggota komisi B DPRD Jatim yang salah satunya membidangi koperasi, pengusaha kecil dan menengah, Rofiq memastikan pihaknya siap mengawal progran Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar lebih konsen mengembangkan koperasi, khususnya di Gresik.

“Baik aspek pendidikan operasional koperasi, permodalan, akses core bisnisnya dan lain sebagainya,” imbuh Rofiq.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Gresik, Asluchul Alif menyatakan, bentuk ekonomi koperasi adalah salah satu yang diperjuangkan Partai Gerindra untuk membangun ekonomi rakyat.

“Fungsi koperasi itu salah satunya membangun kesejahteraan bersama, karena itu untuk menurunkan kesenjangan ekonomi salah satu solusinya ya menguatkan dan memperbanyak kelembagaan koperasi,” tuturnya. (yud)

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *