Alun-alun Merdeka Malang Akan Jadi Pusat Digitalisasi, Pengembangannya Disokong Bankjatim

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Penandatanganan kerja sama revitalisasi Alun-alun Kota Malang antara Bank Jatim dan Pemkot Malang (Dok/BJTM)

KLIKJATIM.Com | Malang – Dalam rangka menjalin sinergitas antara PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, bankjatim telah resmi melaksanakan perjanjian kerja sama dengan Pemkot Malang terkait Revitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh Pemimpin bankjatim Cabang Malang Kamiliah dengan Walikota Malang Sutiaji dan disaksikan oleh Direktur IT & Digital bankjatim Zulhelfi Abidin pada hari Rabu (23/8) di Alun-Alun Merdeka.

Zulhelfi menjelaskan, revitalisasi ini merupakan rangkaian kegiatan penambahan nilai aset dan fasilitas serta fungsi Alun-Alun Kota Malang sebagaimana yang telah disepakati. Selain itu, juga sekaligus sebagai tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan sekitar.

Menurut Zulhelfi, revitalisasi alun-alun sebenarnya memiliki makna luas dalam memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Sebab, kegiatan ekonomi banyak menggeliat di kawasan alun-alun. Selain itu, tempat ini juga bisa menjadi wadah berbagai kegiatan serta jujukan wisata warga.

”Kalau alun-alunnya bagus, maka masyarakatnya pasti bahagia,” ujar dia.

Dijelaskan, revitalisasi Alun-alun Kota Malang yang merupakan ruang terbuka publik diharapkan bisa menambah keindahan dan meningkatkan daya tarik masyarakat maupun pengunjung saat datang ke Kota Malang. Sehingga icon Kota Malang dapat lebih kuat lagi.

“Kami juga harap alun-alun ini nantinya bisa menjadi pusat digital. Seperti pembayaran retribusi parkir memakai digital, bayar pajak pakai digital, dan lain-lain,” lanjut Zulhelfi.

Baca juga: Pemprov Jatim dan Bank Jatim Sapa Ratusan ASN Sekaligus Serahkan Bantuan Sosial di Pamekasan

Selain itu, pihaknya juga berpesan agar bankjatim Cabang Malang dapat terus bersinergi serta berjalan beriringan dengan program yang dijalankan oleh Pemkot Malang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan potensi daerah.

”Semoga bankjatim senantiasa berkomitmen menjadi mitra kerja yang baik bagi Pemkot Malang serta pelayanan kami dapat terus bermanfaat bagi semua nasabah, khususnya di Kota Malang,” harap Zulhelfi.

Sementara itu, Sutiaji mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bankjatim karena telah bersedia membranding dan merevitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang. Pihaknya berharap semoga kolaborasi ini dapat bermanfaat untuk mendukung program Pemkot dan untuk masyarakat sekitar.

”Seperti harapan bankjatim, semoga alun-alun ini juga bisa menjadi pusat digitalisasi. Karena kalau Malang tidak menjadi digital itu rugi. Sebab, di sini ada puluhan perguruan tinggi yang mempunyai jurusan/fakultas IT. Tiap tahunnya juga ada lebih dari tiga ribu anak yang punya predikat Sarjana IT. Mudah-mudahan ini bisa saling melengkapi,” paparnya.

Sehingga angka literasi masyarakat terhadap perbankan bisa semakin meningkat lagi.

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada beberapa OPD yang berkontribusi besar untuk bankjatim. (qom)