PT Smelting Jajaki Kerjasama Link & Match dengan SMK Assa’adah

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Senipr Manager General Affairs PT Smelting Sapto Hadi Prayetno meninjau bengkel workshop sekolah SMK Ass'adah

KLIKJATIM.Com | Gresik — Dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia Kabupaten Gresik, PT Smelting dan SMK Assa’adah, Bungah Gresik, menjajaki kerjasama Link & Match antara industri dan SMK. 

Kepala Sekolah SMK Assa’adah Imam Wahyudi, S.Pd. mengatakan, tahapan pertama yang ingin dikerjasamakan dengan Smelting adalah Industri Mengajar.

“Misalnya nanti anak didik kami dilatih K3 bersertifikat yang bisa menerobos keterbatasan kurikulum, sehingga bisa match dengan kebutuhan industri,” tuturnya di ruangan kepala Sekolah.

Imam juga menyampaikan rencananya pembentukan unit usaha di institusi pendidikannya yang bisa memasok kebutuhan industri di Kabupaten Gresik yang bisa melatih budaya kerja anak-anak SMK.

“Dan juga bisa menghasilkan nilai ekonomis, saat ini sudah jalan, dan beberapa orderan dari beberapa industri sudah diselesaikan, seperti dari smelting kemarin, kita dapat order perbaikan loker besi,” katanya.

Sementara itu, Senior Manager General Affairs PT Smelting Sapto Hadi Prayetno mengatakan, pada tahap awal, pihaknya berencana mengadakan coaching soft skill untuk siswa SMK.

Karena menurut Sapto, untuk proses Link & Match industri dan sekolah butuk waktu untuk mendetailkan rencana pelaksanaannya.

“Namun tahap awal bisa kita mengadakan soft skill training,” katanya.

Sapto juga mendukung upaya pembentukan unit usaha di SMK Assa’dah Qomarudin Bungah Gresik untuk dapat masuk di dunia industri.

“Itu sangat bagus, tinggal dimange saja, saya lihat sudah cukup fasilitasnya, portofolionya saja dibuat, order-order dari industri itu bisa disusun dalam company profile kemudian dijajaki kerjasama dengan industri,” sarannya. (ris)