Lagi, Pabrik Kayu di Gresik Ludes Terbakar

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Berulang: Petugas Pemadam Kebakaran berjuang memadamkan api yang melalap Pabrik Kayu di Ambeng-Ambeng, Duduksampeyan, Gresik (Dok/Damkarla Kabupaten Gresik)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Pemerintah Kabupaten Gresik sepertinya harus segera memeriksa seluruh Pabrik Kayu di wilayah Gresik. Pasalnya kebakaran pabrik kayu di Gresik tergolong sering.

Terbaru, kebakaran kembali menimpa pabrik kayu di wilayah Kabupaten Gresik, tepatnya di Jalan Raya Ambeng-Ambeng nomor 7, Desa Ambeng-Ambeng Watangrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Sabtu siang (13/08/2022).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Gresik Agustin Halomoan Sinaga menyampaikan, laporan kebakaran itu masuk ke institusinya pada pukul 13.45 WIB.

“Tim kami datang di lokasi pukul 14.02 WIB, api baru padam Pukul 16.55 WIB,” kata Sinaga.

Dari hasil penyelidikan sementara, kata Sinaga, kebakaran timbul karena pembakaran sampah dari toko buah sebelah pabrik yang juga gudang kayu itu.

“Kemudian diduga (Api pembakaran) merembet ke area pabrik dan menyebabkan terjadinya kebakaran,” beber Sinaga.

Untuk memadamkan api, Dinas Damkar sampai menurunkan dua sift tim pemadam.

Dikatakan Sinaga, bencana kebakaran di Pabrik Kayu yang berada di Gresik seperti menjadi siklus rutin karena terus berulang.

Dia menyebut, sudah saatnya para pelaku usaha, khususnya yang memproduksi barang mudah terbakar mengetatkan standar keselamatan dan memenuhi prosedur penanggulangan kebakaran.

“Kalau tidak begitu ya akan terus berulang, sedikit saja lalai kerugian bisa ratusan juta bahkan miliaran,” tegas dia.

Sementara itu, taksiran kerugian atas terjadinya kebakaran tersebut belum bisa dipastikan. Adapun jumlah laporan kebakaran yang masuk ke Dinas Damkarla Kabupaten Gresik selama bulan Agustus ini mencapai 17 kejadian.

“Sementara rescue ada 12 Kejadian,” ungkap Sinaga. (yud)

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *