Karena Sikap Sabarnya, Guru Nur Kalim Patut Dijadikan Duta Guru Teladan

Reporter : Redaksi - klikjatim

Foto: Nur Khalim, sosok guru yang viral karena ditantang muridnya sendiri. (koinul/klikjatim.com)

GRESIK – Anggota DPD RI, Ahmad Nawardi mengapresiasi sikap sabar guru yang viral karena ditantang muridnya di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sosok guru bernama Nur Kalim, asal Desa Pasinan Lemahputih, Kecamatan Wringinanom, Gresik itu patut dijadikan sebagai duta guru teladan nasional.

“Saya akan mengusulkan agar beliau ini bisa dijadikan sebagai duta teladan guru se Indonesia,” kata Nawardi, di sela-sela kunjungannya ke rumah Nur Kalim, Senin (11/02/2019).

Menurutnya, sikap teladan Nur Kalim dalam menghadapi anak-anak didiknya harus dicontoh para guru se Indonesia. Dengan sikap sabar dan pemaafnya akan menjadi pendidikan moral untuk anak didik.

“Jadi dalam mendidik memang tidak harus dengan cara keras. Tetapi bisa dengan sikap sabar seperti yang ditunjukan oleh pak guru Nur Kalim,” tandasnya.

Nawardi menambahkan, sikap sabar dan pemaaf merupakan salah satu ciri khas orang Indonesia. Nah, sikap cinta damai tersebut harus diapresiasi setinggi-tingginya.

“Saya juga sangat mengapresiasi pihak kepolisian, yang telah berinisiatif untuk memediasi permasalahan ini dengan cara saling memaafkan,” pungkasnya.

Dapat diketahui lagi, bahwa kasus seorang siswa melawan gurunya saat jam pelajaran terjadi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Peristiwa itu sempat direkam video dan akhirnya menjadi viral di media sosial.

Nampak di video tersebut seorang pelajar berinisial AA menarik baju dan mencekik leher gurunya, Nur Kalim. Kendati diperlakuan demikian, tapi sang guru tidak membalas dengan perlawanan balik. (nul/*)