Ada Konvoi Pesilat Luruk Polsek Dawarblandong, Warga Dapet Resah

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Screenshot video para pendekar saat konvoi. (Istimewa)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Imbas kisruh pesilat di Kecamatan Dawarblandong, Kecamatan Mojokerto dirasakan hingga Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Gresik. Pasalnya, ribuan pesilat yang mengenakan atribut hitam melakukan konvoi hingga membuat masyarakat sekitar di perbatasan kabupaten tersebut merasa terganggu dan resah pada Senin (22/11/2021) malam.

BACA JUGA :  Gandeng Vision+, Paket Bundling XL Axiata Perkuat Pasar Streaming Video

Informasi yang dihimpun, massa diduga dari perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) itu berasal dari berbagai daerah. Mereka meluruk Polsek Dawarblandong karena ada salah satu anggota yang dikeroyok sekelompok orang.

Konvoi dimulai sekitar jam 19.00 WIB atau setelah salat isya’. Massa bergerak dari arah Balongpanggang menuju Dawarblandong yang merupakan area perbatasan Mojokerto-Gresik. Mereka disebut menggeber-geber knalpot motor dan mengibarkan bendera.

“Awalnya sekitar dua ratusan orang, kemudian mungkin ada kali seribuan orang. Soalnya dari perempatan Dawarblandong sampai sini (Desa Dapet) penuh kendaraan,” ucap warga sekitar, Bandi kepada awak media, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, aksi konvoi ini lantaran ada anggota PSHT yang diduga dikeroyok di wilayah Dawarblandong. Kemudian anggota yang lain diduga tidak terima dan melakukan konvoi untuk meminta kasus tersebut diusut.

“Massa juga sempat melakukan aksi bakar ban,” jelasnya.

Seketika itu, Bandi dan warga sekitar langsung menutup rumah dan warung mereka.

Diketahui bahwa Bandi sendiri berjualan bensin eceran, tambal ban dan buka warung kopi. “Mereka tidak melakukan pengrusakan. Hanya saja memenuhi jalan dan bleyer-bleyer. Kalau tidak salah jam 22.00 sudah bubar,” katanya. 

Warga lain menyebut aksi konvoi ini sangat meresahkan. Meskipun sasarannya wilayah Dawarblandong, namun Desa Dapet terkena imbasnya.

“Sangat meresahkan warga. Intinya, orang dari berbagai daerah itu tadi malam ngluruk Polsek Dawarblandong. Lha kejadian di Balongpanggang dan sekitarnya itu dampak pulangnya mereka,” jelasnya. (nul)