Rancangan Daerah Pemilihan Pileg 2024 di Gresik, Ada Opsi Pemekaran

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Rancangan daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Gresik. (Ist)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik mengeluarkan rancangan komposisi Daerah Pemilihan (dapil) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Rancangan dapil yang dikeluarkan ada dua opsi. Pertama adalah jumlah dapil tetap delapan. Kedua, rancangan dua ada sembilan dapil.

Komisioner Bidang Teknis dan Penyelenggaraan KPU Gresik, Elvita Yuliati menyampaikan, dua rancangan itu masih panjang proses penetapannya. “Untuk Gresik sendiri dengan jumlah warganya yang satu juta ke atas kursi DPRD-nya 50,” ujarnya.

Pada opsi rancangan delapan dapil, jumlah dan komposisi dapilnya sama dengan pemilu 2019. Hanya saja kursi di dapil Sangkapura dan Tambak (Bawean) berkurang satu, ditambahkan ke dapil lain yang lebih besar jumlah warganya.

“Yang menentukan jumlah kursi tiap dapil dari KPU RI berdasarkan jumla penduduk terkini yang bersumber dari Kementerian terkait,” beber Vetty, sapaan akrabnya.

Sementara pada opsi rancangan dapil kedua, ada pemekaran dapil menjadi sembilan. Dapil VIII yang meliputi Manyar – Bungah – Sidayu dan dapil VII yaitu Dukun – Panceng dan Ujungpangkah dibagi menjadi Dukun – Panceng, Sidayu – Ujungpangkah, dan Manyar – Bungah.

Elvita menjelaskan, dua rancangan dapil itu masih akan melalui tahapan panjang sebelum ditetapkan. Bahkan masih ada potensi berubah.

“Masih ada tanggapan masyarakat, FGD, sosialisasi dan uji publik sebelum ditetapkan oleh KPU RI,” tandasnya. (nul)