Jika Disetujui Bupati, Bioskop di Gresik Buka Layar Lagi

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik—Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik melakukan assessment di sektor hiburan. Jika memang memang disetujui bupati, dua bioskop di Gresik akan beraktifitas kembali dalam waktu dekat.

BACA JUGA :  Ahli Penyakit Infeksi Unand Bantu Tingkatkam Kapastias Labkesda Surabaya

Dua bioskop di Gresik yakni CGV Cinemas di Icon Mall dan XXI di Gressmall. Selama pandemic covid-19, dua bioskop di Gresik itu tutup total. Saat ini, Pemkab Gresik sedang melakukan pengkajian membuka kembali bioskop setelah Kabupaten Gresik berada di level 1 PPKM.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Gresik, Sutaji Rudi mengaku telah menyelesaikan asesmen, Selasa (21/9/2021). Secara keseluruhan dua bioskop itu sudah layak untuk dibuka. 

“Besok laporan akan kami kirim ke bupati. Kalau bupati intruksi dibuka, tentu nanti akan menerbitkan edaran,” katanya.

Pihaknya memperkirakan pembukaan bioskop akan dilakukan besok lusa atau dalam minggu ini bila disetujui Bupati. 

“Tetap nanti apabila sudah dibuka, satgas covid tetap melakukan pemantauan ketaatan protokol kesehatan. Apakah dengan seragam atau sebagai penonton umum,” tuturnya.

Sutaji Rudi mengatakan, tidak ingin tergesa-gesa. Menurutnya, lebih baik hati-hati dari pada menjadi pemicu lonjakan kasus baru.

“Jadi kita pastikan betul, prokes dilakukan sejak Masyarakat masuk hingga keluar,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menuturkan, sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) 43/2021, bahwa bioskop diperbolehkan buka menjadi angin segar. Pasalnya, bioskop menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pajak hiburan. 

“Bioskop ini menjadi salah satu variabel pemulihan ekonomi,” tuturnya.

Yani, sapaan Bupati Fandi Akhmad Yani, melanjutkan, sejauh ini dirinya belum menentukan kapan bioskop akan dibuka. Sebab, dirinya masih menunggu laporan dari Satgas Covid-19 terkait hasil asesmen Selasa kemarin. Kalaupun nanti segera dibuka, pihaknya ingin para pengunjung tetap disiplin protokol kesehatan. Selain itu, pengelola juga harus patuh menegakan prokes.

“Protokol kesehatan menjadi hal yang harus dilakukan, selain itu Kami akan mengkajinya (pembukaan bioskop) secara detail,” paparnya.

Sementara itu, Chief Marrcom and Tenancy Icon Mall Gresik mengaku pihaknya juga sudah siap apabila bioskop kembali dibuka. Seperti hasil asesmen kemarin. Namun saat ini dirinya masih menunggu keputusan dari Bupati Gresik. 

“Kami juga nunggu kesempatan ini. Besok Kami menghadap Pak Bupati, semoga lancar. Untuk regulasinya nanti kami mengikuti Imendagri atau surat edaran bupati” katanya.

Saat satgas melihat kesiapan XXI di Gressmall dan CGV di Iconmall, keduanya telah menerapkan syarat protokol kesehatan untuk pembukaan bioskop. Mulai dari seat yang sudah diberi label silang untuk duduk berjarak, pemeriksaan suhu tubuh, hingga akses keluar masuk yang berbeda jalur. Keduanya pun lebih akan mengoptimalkan penjualan tiket secara online.(mkr)