Festival Kuliner Kampung Pecinan Gresik Bakal Jadi Destinasi Favorit

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik – Suasana kampung pecinan yang berada di Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik kota malam ini, Sabtu (11/06/2022) tampak lain dari biasanya.

Betapa tidak, kampung pecinan yang merupakan salah satu kawasan warisan masa lampau itu ramai dikunjungi masyarakat yang hendak menikmati festival kampung pecinan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gresik. Tampak antusias masyarakat begitu luar biasa.

Festival Kampung Pecinan ini memang baru pertama kali diadakan dan secara langsung dilaunching oleh Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani sebagai kawasan wisata heritage.

Kampung pecinan yang dulu sepi, kini disulap menjadi kawasan destinasi wisata kuliner dengan menyuguhkan keunikan tersendiri dengan nuansa kota tua. Ditambah lagi, Festival Kampung Pecinan ini berjejer puluhan lapak kuliner dengan melibatkan UMKM di sekitar wilayah tersebut.

Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya mengatakan bahwa, melalui Festival Kampung Pecinan ini dapat membangkitkan lagi gairah ekonomi melalui UMKM di Kabupaten Gresik terutama sekitar Kampung Pecinan.

“Dengan adanya Festival Kampung Pecinan ini diharapkan beriringan dengan semakin tumbuhnya perekonomian di masyarakat, terutama di sektor UMKM. Kawasan ini akan menjadi destinasi wisata kuliner dengan daya tarik tersendiri, yakni dengan suguhan nuansa kota tua,” kata Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik.

Dalam kesempatan itu juga, Gus Yani
berharap agar warga sekitar bisa menjaga kampung pecinan yang belum lama selesai direvitalisasi dan bisa menjadi destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Gresik.

“Pemerintah Kabupaten Gresik melalui dinas terkait juga sudah melakukan revitalisasi dan penataan agar kampung pecinan ini menjadi cantik. Setelah ditata, baru diramaikan dengan kegiatan seperti malam ini. Saya berharap agar kawasan peninggalan masa lampau ini dijaga dan dilestarikan dengan baik,” harap Gus Yani.

Usai memberikan sambutan, Gus Yani yang kala itu didampingi Sekda Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Pariwisata, Camat Gresik dan Kepala Desa Pulopancikan menyempatkan diri berkeliling meninjau deretan stand UMKM yang ada didalam kegiatan Festival Kampung Pecinan tersebut. (ris)