Di Gresik Smelting Bantu Pemulihan 11 Persen Pasien TB

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

FGD Program penanganan TB di Gresik oleh PT Smelting (Dok)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Upaya PT Smelting dalam meminimalisir pasien Tubercolosis (TB) di Kabupaten Gresik mendapat apresiasi dari Pemkab Gresik. Sebab, 11 persen pasien TB di Kabupaten Gresik sudah dibantu penyembuhannya oleh PT Smelting.

dr Umi Khoiroh, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik mengungkapkan, dari jumlah pasien TB yang ada di Kabupaten Gresik, PT Smelting sudah membantu eliminasi 11 persen pasien TB. Ini artinya upaya pemerintah sangka terbantu sekali dengan langkah PT Smelting dan HI dalam mengurangi pasien TB.

Baca juga: Smelting Kembali Gelar Industri Mengajar, Kali Ini di SMK Karya Bhakti

Dikatakan, tidak hanya pengobatan, PT Smelting juga membantu seluruh pekerjaan pemerintah. Seperti pendidikan, rehab rumah, pemberdayaan masyarakat semuanya terbantu oleh program PT Smelting.

“Sehingga kami berterima kasih kepada PT Smelting yang sudah membantu program pemerintah mengurangi atau mengeliminasi tidak hanya satu program namun hampir semua menyangkut persoalan pasien TB yang identik dengan kemiskinan ini bisa dibantu,” jelas Umi Khoiroh.

Meski tidak menyeluruh, langkah penanganan pasien TB ini dari PT Smelting ini patut ditingkatkan. Sebab, jumlah pasien TB di Kabupaten Gresik mencapai 2.100 orang hingga akhir Oktober 2022 lalu.

“Kami mengajak industri lainnya di Kabupaten Gresik untuk meniru upaya PT Smelting dalam membantu penyembuhan pasien TB. Jika 500 lebih industri besar di Gresik ini bahu membahu membantu pemerintah, kami yakin upaya mengeliminasi pasien TB ini bakal tuntas,” jelas mantan Kabid Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik ini.

Sementara itu, Zurron Arifin dari Dinas Kominfo mengatakan, pihaknya membuka diri kepada PT Smelting untuk menginformasikan program-programnya dalam pengurangan pasien TB ke platform digital yang ada di Kominfo Gresik.

“Sebab, masyarakat memang membutuhkan edukasi informatif terkait penanganan TB dan upaya PT Smelting selama ini dalam menangani TB di Gresik,” jelas Zurron.

Baca juga: Anam Ma’ruf, Warga Sukomulyo yang Sembuh Dari TBC Lewat Pendampingan Smelting Peduli TB

Dalam penyampaiannya pada Focus Group Discusion (FGD),  Indra SW Junor, Section Manager PT Smelting menjelaskan, pihaknya perlu mengumpulkan bahan dan evaluasi untuk melangkah dalam penanganan TB ini.

“Kami ingin upaya strategis dalam menangani TB ini bisa didukung penuh oleh stakeholder seperti dinas kesehatan, dinas sosial, dinas kominfo dan media massa yang ada di Gresik dan sekitarnya,” jelas Indra SW Junor.

Ditambahkan, sejak 3 tahun terakhir pihaknya menggandeng Human Initiative (HI) dalam menangani pasien TB. Awalnya ada 30 pasien TB yang ditangani hingga sembuh. Dan kemudian di tahun ketiga, berkembang hingga 150 orang pasien TB ditangani.

“Dan pasien yang kami tangani ini sudah sembuh termasuk kami berikan paket pemberdayaan ekonomi, renovasi rumah dan membantu pendidikan keluarganya. Kedepan kami akan mengajak industri lainnya untuk bersama sama dengan pemerintah membantu pasien TB, kami yakin dalam setahun jumlah pasien TB di Gresik sudah sembuh semua,” terang Indra SW Junor. (yud)