Bersama Human Initiative, PT Smelting Beri Pendampingan Kepada Pasien TB

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Indra Junor dan Rahmayani dari PT Smelting didampingi staf HI saat menyerahkan paket lebaran kepada pasien TB

KLIKJATIM Com | Gresik — Pasien TBC (Tuberkulosis) di Gresik mendapatkan pendampingan dari PT Smelting yang bekerjasama dengan Human Initiative (HI).

Dalam implementasinya, HI bersama PT Smelting telah menjalankan misi kemanusiaan tersebut selama dua tahun di wilayah layanan 6 Puskesmas yaitu Puskesmas Nelayan , Puskesmas Industri, Puskesmas Alun-Alun, Puskesmas Sukomulyo, Puskesmas Manyar dan Puskesmas Gending.

“Ini tahun kedua (kerjasama) bersama PT Smelting,” tutur Sri Utami, Koordinator program HI.

Tami-Sapaan akrab- Sri Utami menambahkan, saat ini pasien TB dampingan HI yang dalam proses tahap penyembuhan ada sekitar 100 pasien di tahun 2020-2021.

“Yang sudah sembuh tahun pertama (2019-2020) itu 27 Orang, dari 30 pasien, Target sembuhnya 90 persen,” rincinya.

Terhadap pasien yang masih dalam tahap penyembuhan maupun yang sudah sembuh, Tami melanjutkan, Pihaknya terus memberikan pendampingan.

“Kalau tahun ini pendampingan yang sudah sembuh itu berupa sosialisasi PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), kalau yang dalam proses penyembuhan pendampingannya berupa PMT (pemberian makanan tambahan) dan program renovasi ventilasi rumah pasien,” urainya.

Sementara itu Section Manager PT Smelting Indra Junor sempat berkeliling ke beberapa tempat tinggal pasien TB untuk memberikan langsung bantuan sembako dan makanan tambahan.

“Dalam rangka mau lebaran, di bulan Ramadhan ini kita berbagi paket lebaran kepada kader TB dan pasien dampingan,” kata Indra.

Kegiatan ini, menurut Indra, merupakan bentuk komitmen PT Smelting dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan memerangi penyakit TB.

“Tentu sebagai Corporate yang punya tanggung jawab sosial tentunya punya atensi terhadap kesehatan masyarakat,” ujar Indra.

Salah satu pasien TB di Kelurahan Karangturi yang menerima bantuan paket lebaran, Untung, mengaku berterimakasih kepada PT Smelting atas kepedulian yang diberikan. Dirinya selama ini mengaku sudah didampingi dengan baik oleh Human Initiative selama proses penyembuhan.

“Matursuwon (terimakasih) banyak, mohon doanya biar tetep sehat,” katanya. Karena sudah sembuh dari TB bapak yg punya hobi ngontel ini telah melakukan perjalanannya ke Kalimantan dengan bersepeda, inilah hikmah kesembuhan yg diberikan oleh Allah melalui bantuan dari PT. Smelting.(ris)