38 Anggota Polri dan ASN Polres Nganjuk Pensiun

Reporter : Iskandar - klikjatim.com

Pedang pora, mengiringi anggota Polri dan ASN Polres Nganjuk purna tugas (Pensiun) (Iskandar/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Nganjuk – Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad memimpin upacara Wisuda Purna Bakti 38 anggota Polri dan ASN Polres Nganjuk periode November 2022 sampai dengan November 2023, upacara dilaksanakan di lapangan apel Polres Nganjuk, Selasa 19 Desember 2023.

Sebanyak 38 anggota Polri dan ASN Polres Nganjuk yang melaksanakan purna bakti terdiri dari 3 orang berpangkat Kompol, 6 berpangkat AKP, 4 berpangkat IPTU, 10 berpangkat IPDA, 10 berpangkat AIPTU, 4 Penda dan 1 Pengatur I.

Dalam sambutannya, AKBP Muhammad menyampaikan rasa haru dan bangga kepada wisudawan Purna Bakti yang hadir bersama para istri (Bhayangkari). perjuangan para purnawirawan dalam menjalankan roda organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia patut mendapatkan apresiasi dari para generasi penerus.

Kegiatan ini merupakan wujud penghargaan kepada anggota Polri dan ASN yang memasuki masa pensiun, masa pensiun adalah babak baru bagi abdi negara untuk kembali ke lingkungan masyarakat.

“Untuk itu saya berharap kiranya dapat menghadapi masa akhir kedinasan untuk berfikir positif, gunakan keterampilan yang saudara punya, melakukan kegiatan yang berguna, sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang,” sambung AKBP Muhammad.

Memasuki masa purna, kami yakini cara pandang serta kemampuan kritis para purnawirawan tidak akan luntur oleh usia, justru sebaliknya, akan semakin berkembang serta akan semakin mudah melihat serta mengamati berbagai kelemahan yang ada di institusi polri saat ini.

AKBP Muhammad berharap para purna Polri tetap memberikan saran dan masukan bagi para penerus di institusi Polri Polres Nganjuk, karena para purnawirawan Polri adalah bagian yang tidak akan pernah terpisahkan dari keluarga besar Polri.

“Dengan masukan-masukan tersebut, maka cita-cita kita dalam mewujudkan Polri yang semakin presisi dapat segera terwujud. Tidak lupa kami berikan penghormatan yang setinggi tingginya kepada ibu Bhayangkari yang selalu setia menemani, mendampingi dan selalu memberikan suport kepada sang suami sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik,” pungkas Kapolres.

Sebagai rangkaian seremonial upacara, para purnawirawan menerima satu – persatu medali dan piagam pelepasan yang disematkan oleh Kapolres saat upacara berlangsung, dilanjutkan dengan resepsi wisuda yang dilaksakan di Joglo Mapolres Nganjuk.

Baca juga: Polres Nganjuk Punya Kasatreskrim Baru, Ini Dia Namanya

Pada awal resepsi perwakilan dari para purnawirawa, Kompol Purnawirawan Sumadi, S.H, menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya acara Wisuda Purna Bakti Polri.

“Kami mewakili rekan – rekan selalu siap memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran jika institusi Polri memanggil, kami pensiunan tidak lantas melupakan siapa jati diri kami, Tribrata dan Catur Prasetya akan tetap di dada kami,” ujar Kompol Purnawirawan Sumadi. 

Kompol Purnawirawan Sumadi mengatakan bila dalam pelaksanaan tugas selama 35 tahun ini ada yang kurang berkenan dan ada kekeliruan beliau mohon maaf dan sekaligus mohon diri untuk kembali kepada masyarakat.

Setelah sambutan berakhir saatnya para peserta wisuda dikirap melalui prosesi upacara pedang pora. Penyambutan upacara pedang pora dilaksanakan dengan penuh hikmad, selanjutnya dengan menaiki becak berhias menghantarkan peserta wisuda telah resmi mengakhiri masa tugasnya di Kepolisian Republik Indonesia. (qom)