Wilayahnya Digoyang Gempa, Khofifah Minta Warga Jatim Gotong Royong

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Dampak kerusakan gempa terhadap salah satu bangunan.

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa langsung melaksanakan rakor secara virtual bersama para bupati yang daerahnya terdampak gempa bumi tektonik 6,1 skala richter, Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB tadi.

BACA JUGA :  Jelang Lanjutan Liga 1, Persik Kediri Kehilangan Dua Legiun Asing

Khofifah mengatakan, pihaknya bersama jajaran Forkopimda Jatim saat ini tengah melakukan koordinasi untuk mencari cara terbaik menyelamatkan warga.

“Kami akan rakor virtual dengan bupati yang terdampak malam ini (10/4). Menurut BMKG gempa ini tidak berpotensi Tsunami,” ungkap Mantan Mensos RI tersebut lewat Instagramnya, Sabtu (10/4/2021) sore.

Ia juga meminta masyarakat Jatim saling bergotong royong dan saling mendoakan agar para korban bencana gempa ini diberikan kekuatan serta kesabaran. “Mohon saling gotong royong dan saling mendoakan agar saudara kita yang tertimpa bencana diberi kesabaran dan kekuatan,” pintanya.

Sementara itu, Khofifah membeberkan bahwa lokasi gempa berada di 90 km Barat Daya Kabupaten Malang dengan titik terdekat Kecamatan Jabung dan Dampit. Sementara wilayah Lumajang titik terdekatnya adalah Kecamatan Pronojiwo dan Tempurrejo.

“Sementara terlapor ada korban meninggal satu orang di Lumajang dan satu orang dirawat di rumah sakit,” bebernya.

Sedangkan dampak kerusakan gempa tersebut dilaporkan terjadi di sejumlah daerah di Jatim. “Dilaporkan ada rumah yang rusak ringan, sedang dan berat. Saat ini tiga kabupaten, Lumajang, Malang dan Blitar sedang menurunkan tim untuk melakukan pendataan serta menyiapkan tanggap darurat,” pungkasnya. (bro)