Waspada 33 Kota Kabupaten Jatim Masih Zona Merah Covid-19

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya –  Sejak Selasa (20/7/2021), Jawa Timur berada di zona merah peta persebaran Covid-19. Itu terjadi setelah 33 Kabupaten Kota di Jawa Timur, memiliki risiko penularan tinggi atau masuk zona merah. Dari 37 kota kabupaten hanya ada 5 Kabupaten Kota yang masih berstatus zona oranye atau beresiko sedang. 

BACA JUGA :  Positif Covid-19 Jember Tambah 6 orang, Total 24 Orang

Kelima daerah yang berstatus zona oranye tersebut, antara lain Kota Blitar dan Kota Probolinggo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep. Anggota Satuan Tugas Kuratif Covid-19 Jawa Timur dr. Makhyan Jibril menjelaskan, zonasi tersebut berdasarkan penilaian mingguan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 pusat, berdasarkan 15 indikator. 

“Didapatkan Jawa Timur kemarin Selasa tanggal 20 Juli 2021 didapatkan ada 33 kota atau Kabupaten yang masuk zona merah dan lima kota atau Kabupaten masuk zona oranye,” ujarnya. 

Dijelaskan, penilaian zona mereah didasarkan 15 indikator epidemiologi yang dihitung secara mingguan. Dan diakuinya, memang dalam satu minggu terakhir ini kasus di Jawa Timur mengalami kenaikan yang cukup signifikan.  “Karena kita juga tahu, sampel yang kita periksa juga naik, bahkan sampai tiga kali lipat,” imbuhnya. 

Adanya peningkatan kasus ini, dr. Jibril berharap, sekaligus dengan perpanjangan PPKM Darurat, dan akan dilakukan evaluasi lagi sampai tanggal 26 Juli 2021, mampu menunjukkan tren penurunan.  “Karena kalau dilihat Day by Day, hari per hari, kasus tanggal 14 Juli di Jawa Timur itu masih sekitar 8.230, dalam beberapa hari terakhir ini sudah diangka 4000-5000,”  pungkas dr Makhyan Jibril. (ris)