Warkop di Gresik Ini Patuh Prokes Pencegahan Covid-19, Pengunjung Tetap Ramai

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Penjaga Warkop sedang membersihkan meja bekas pakai pengunjung. (Abdul Aziz Qomar/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com I Gresik— Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) semakin tinggi. Meski operasi yustisi penegakan prokes tidak dilakukan setiap hari, namun masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan kebiasaan menjaga kesehatan.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Kades Pandean Pasuruan ‘Makan’ Limbah Diusut Polisi

Salah satu contohnya adalah pengelola warung kopi (wakop) Abie Coffee yang terletak di Kelurahan Sukomulyo Kecamatan Manyar. Hobi masyarakat Gresik yang doyan ngopi di antisipasi pemilik warung tersebut dengan menyediakan fasilitas protokol kesehatan. Begitu masuk warung pengunjung langsung diingatkan dengan himbauan mengenakan masker dan cuci tangan.

Yuni (22), Karyawan Warkop Abie mengatakan, di warungnya selalu disediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan sekaligus sabunnya bagi pengunjung.

“Sudah sejak lama fasilitas tempat cuci tangan dan hand sanitizer disediakan,” ceritanya kepada klikjatim.com

Dalam mengatur tempat duduk, Warkop yang dijaganya tersebut memperhatikan jarak antar pengunjung. “Sehingga antar pengunjung tidak berdempetan,” tuturnya.

Selain itu, yang patut diacungi jempol, Warkop Abie selalu membersihkan meja pengunjung dengan sabun cair tiap mereka yang nongkrong meninggalkan warung. Tak heran meja-meja di warung kopi tersebut selalu bersih.

“Meski tidak ada pandemi, selalu kita bersihkan, minimal untuk menghilangkan debu,” ungkapnya.

Warkopnya beberapa kali juga didatangi petugas yang ngopi, bukan razia. Sebab, warkop ini sudah cukup dikenal patuh akan protokol kesehatan Covid-19. (bro)