Warga Tulungagung Meninggal Dunia Setelah Makan Umbi dari Menantu

Reporter : Iman - klikjatim.com

Polisi saat melakukan olah TKP.

KLIKJATIM.com | Tulungagung—Warga Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung meninggal dunia setelah makan umbi jening gadung, Kamis (10/6/2021). Dua warga lainnya selamat dan dilarikan ke puskesmas.

BACA JUGA :  Semarak Fabulous February di Crown Prince Hotel Surabaya

Warga yang meninggal itu bernama Bejo (78). Polisi telah melakukan visum. Hasilnya, tidak ditemukan tanda kekerasan di tubuh korban, namun polisi menduga kuat korban meninggal setelah mengonsumsi umbi jenins gadung yang dihindangkan menantunya.

“Penyebabnya karena memakan umbi gadung ini, yang dihidangkan oleh menantunya,” kata Kapolsek Gondang, AKP Suwancono.

Suwancono menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi, umbi gadung ini dipetik oleh anak korban pada pukul 09.00 WIB kemudian dibawa pulang dan dimasak oleh menantu korban pada pukul 11.00 WIB. Usai makanan tersebut tersaji, lalu makanan tersebut ditawarkan kepada korban, keluarga dan tetangganya.

Hasilnya menantu korban, Karyati dan tetangganya, Supandi yang ikut mengkonsumsi langsung merasakan mual dan muntah,begitu juga dengan korban. Namun Karyati dan Supandi masih tertolong setelah dilarikan ke puskesmas, sedangkan korban tidak tertolong.

“Kan biasa ditawarkan kepada orang-orang, termasuk tetangganya dan korban sendiri, untuk dua orang ini yakni tetangga dan menantunya ini masih bisa diselamatkan,” terangnya.

Suwancono mengungkapkan, pihaknya juga telah mengambil sampel sisa umbi gadung yang belum dimasak dan umbi gadung yang telah dimasak sebagai barang bukti.

“Kita tadi mengamankan umbi yang sudah masak dan umbi yang belum masak, serta melihat lokasi pekarangan tempat dicabutnya umbi umbian ini,” pungkasnya.

Pihak keluarga menerima kejadian ini sebagai musibah, dan langsung memakamkan korban pada Kamis (10/6/2021) sore. (mkr)