Warga Salat Ied di Masjid Agung Pasuruan dan Bangil

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

Warga mengikuti salat Idul Gitri di depan Masjid Agung Al Anwar Kota Pasuruan.

KLIKJATIM.Com | Pasuruan – Ribuan warga memadati area sekitar Masjid Agung Al Anwar Kota Pasuruan untuk melaksanakan salat Idul Fitri (Id) pada Minggu (24/05/2020). Hal serupa juga terlihat di Alun-alun Bangil, yang digelar salat ied dengan diikuti ribuan jamaah.

BACA JUGA :  CJH Jember Masih Menunggu Kepastian Pemberangkatan

Pelaksanaan salat ied di Masjid Agung Al Anwar digelar sekitar pukul 06.00. Sejak pukul 05.30 WIB, jemaah berdatangan dengan pengamanan yang dilakukan polisi, TNI, dan banser NU berjaga.

Sebelum masuk masjid, sebagian jemaah mencuci tangan terlebih dahulu di tempat cuci tangan yang sudah disediakan di depan masjid. Sebagian jemaah lagi memilih menggelar sajadah di jalan raya, hingga beberapa di taman alun-alun.

Di dalam masjid, jemaah penuh. Pihak masjid telah menempelkan selotip-selotip warna hitam pada lantai masjid dengan maksud menjaga jarak antar jemaah. Namun karena volume jemaah yang sangat banyak, sehingga sangat sulit untuk mengatur jarak antar jemaah. Di dalam masjid, sebagian jamaah mengenakan masker, sebagian tidak.

Salat Id dilaksanakan sekitar pukul 06.30 WIB, setelah salat Id selesai jemaah langsung pulang dan tidak ada yang bersalam-salaman. Sebelumnya, MUI Kota Pasuruan sudah mengeluarkan imbauan dalam Seruan Bersama Wali Kota Pasuruan Tentang Tata Cara Beribadah dalam Bulan Suci Ramadan.

BACA JUGA :  Tiga Jabatan di Kodiklatal Diserahterimakan

Hal serupa dilakukan warga Bangil yang mengikuti Salat Idul Fitri (Id) digelar di masjid Agung Bangil, Kabupaten Pasuruan. Ribuan warga Bangil dan sekitarnya tumplek blek memadati Masjid Agung Bangil untuk melaksanakan salat Id.

Karena tak bisa menampung seluruh jemaah, Alun-alun Bangil sampai jalan raya Pantura pun dijadikan tempat salat Id. Dari pantauan di lapangan Minggu (24/05/2020) pagi, hanya sebagian kecil yang melaksanakan salat dengan memakai masker.

Seluruh jamaah tidak mengambil jarak satu atau dua meter, sesuai anjuran pemerintah. Meski demikian, salat Id berlangsung terhitung cukup singkat, tak seperti pada tahun sebelumnya. Selain itu, khutbah Idul Fitri juga dilakukan cukup cepat. (hen)