Warga Pronojiwo Lumajang Dapat Tambahan Lauk Pauk dari Arumi Bachsin

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Lumajang – PKK Jatim turut meringankan beban warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Di sana, PKK Jatim menyalurkan bantuan berupa tambahan lauk pauk di Desa Sumberurip, Pronojiwo, Lumajang, Selasa (7/12/2021).

[irp]

Ketua PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak menyebut, bahwa total bantuan yang diberikan yakni 2.000 porsi ayam yang diserahkan untuk kebutuhan dapur umum.

Kata dia, bantuan yang diberikan adalah salah satu bentuk kegotong royongan yang harus dilakukan. Sekaligus untuk berbagi kepada masyarakat terdampak APG Gunung Semeru di wilayah Kec. Pronojiwo.

“Semoga berkenan, semoga bantuan ini bisa memberi energi dan gizi bagi para pengungsi maupun masyarakat terdampak APG Gunung Semeru disini,” ungkap Arumi saat di Dapur Umum, Desa Sumberurip.

Usai mengunjungi dapur umum, Arumi melanjutkan kunjungannya di Posko Darurat di SDN Supiturang 04. Tercatat sekitar 493 orang pengungsi yang berasal dari Desa Supiturang dan Desa Sumberurip, menempati posko tersebut.

Arumi menyatakan, bahwa TP PKK Jatim saat ini tengah membentuk tim Trauma Healing bagi para pengungsi, khususnya anak-anak. Walaupun terlihat ceria, Arumi mengatakan bahwa anak-anak pasti mengalami trauma pasca bencana.

“Saya yakin anak-anak ini pasti terdampak akibat bencana alam kemarin, tapi responnya pasti berbeda dengan kita yang sudah dewasa,” terangnya.

Untuk itu, bersama tim spesialisasi jiwa dari Dinas Kesehatan, dirinya akan segera mengirimkan tim yang bisa membantu anak-anak di pengungsian. “Insya Allah kami dari TP PKK Jatim dalam beberapa hari ke depan akan datang bersama Dinas Kesehatan, Spesialisasi Jiwa kaitannya Trauma Healing disini,” jelasnya.

Saat berada di Posko Darurat, Istri Wagub Jatim itu langsung menyapa para masyarakat dan menghibur anak anak dengan bernyanyi bersama dan berhitung. Secara spontan, anak-anak usia sekolah ini bergembira dan langsung menyambut ajakan Arumi.

Setelah bernyanyi dan berhitung bersama, Arumi berpesan agar anak anak tidak boleh bersedih, tapi harus tetap bahagia. Musibah yang terjadi ini tidak ada yang tahu kapan terjadinya. Maka, harus berbahagia dan terus belajar meskipun tidak di rumah.

“Hari ini kita datang memberikan semangat kepada adik-adiknya. Adek-adek tidak boleh sedih ya. Kita tidak ada yang tahu kalau Gunung Semeru Erupsi. Ayo kita hadapi sama sama dan semoga senang terus ya,” pesannya. (bro)