Warga Pandaan Hajar Residivis Hingga Babak Belur Gara-gara Ini

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

Tangan Timbul, residivis curanmor diborgol usai dihajar massa karena kepergok mencuri sepeda motor warga perumahan Magersari, Pandaan.

KLIKJATIM.Com | Pasuruan – Warga Perumahan Magersari, Kelurahan Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan menghajar seorang residivis hingga babak belur, Senin (21/9/2020). Pelaku diketahui adalah M. Timbul (45) warga Desa Rowogempol, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

BACA JUGA :  Kalahkan PSS 1-0, Posisi Persela Lamongan Semakin Aman

Warga geram atas ulah pelaku karena kepergok mencuri motor Honda Vario nopol N 3903 TBG milik Ana Sari Susanna (40) warga Perumahan Magersari. Kejadiannya, sekitar pukul 11.00 ketika itu motor korban diparkir di teras rumah. Pelaku yang datang sendirian, awalnya hanya seliweran di depan rumah.

Mengetahui ada motor tanpa diperhatikan pemilik, pelaku lantas mendekati Honda Vario milik Ana. Menurut Suhari, orang tua korban, dia sempat mengamati pelaku mondar-mandir hingga kemudian masuk teras dan duduk diatas motor.

“Motor posisi parkir di teras depan rumah. Lalu pelaku ini datang duduk di atasnya dan mau kabur. Saya kejar dan menariknya sambil berteriak maling,” ucap Suhari.

Teriakan itu didengar warga sekitar hingga keluar dan ikut mengejar pelaku. Pelaku yang panik bingung hendak melarikan diri karena sejumlah sudut perumahan sudah dikepung massa. Pelaku kemudian pasrah menjadi sasaran amuk warga perumahan hingga akhirnya babak belur dimassa.

Sebelum polisi datang, pelaku diikat kaki dan tangannya dan sesekali diberi hadiah bogem mentah. Tak lama berselang, anggota Polsek Pandaan tiba di TKP dan mengamankan pelaku dan membawanya ke mapolsek.

Kanitreskrim Polsek Pandaan Ipda Budi Luhur menjelaskan, pihaknya sudah mengamankan pelaku berikut barang bukti. Di antaranya satu unit motor Honda Vario. Polisi juga menyita sebilah sajam jenis arit, kunci T, kunci kontak duplikat, serta obeng masing-masing satu buah.

Dari pemeriksaan polisi, pelaku merupakan residivis. Timbul pernah ditangkap polisi atas kasus serupa saat mencuri motor di halaman masjid, Desa Sumberrejo, Kecamatan Pandaan. ” Atas perbuatannya, pelaku ini terancam dijerat dengan pasal 363 KUHP dan ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara,” kata Iptu Budi Luhur. (hen)