Warga Madiun Terdeteksi Positif Omicron Saat Tes Antigen Urus Nikah

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

KLIKJATIM.COM | Madiun – Seorang warga Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun dinyatakan positif Covid 19. Terdeteksinya warga ini rupanya saat antigen sebagai salah satu syarat menikah. 

“Jadi yang bersangkutan mau menikah. Mau mempersiapkan hajatan nikahnya. Syaratnya kan harus antigen. Baru ketahuan jika positif Covid 19,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Anis Jaka,  Sabtu (15/1/2023). 

Dari situ, kata dia, petugas membawanya ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Dolopo. Karena pasien mempunyai riwayat berpergian ke luar negeri. 

“Pasien adalah seorang pekerja migran dari Hongkong. Makanya karena dari luar negeri awalnya dicurigai Omicorn. Jadi kami isolasi di RSUD,” tegasnya. 

Dari situ, perempuan yang berusia 25 tahun itu dilakukan tes PCR. Hasilnya juga positif. Dilanjutkan dengan tes Whole Genome Sequencing (WGS).

“Hasilnya keluar dan positif omicorn pada Kamis, 13 Januari 2022 lalu,” terang Anis. 

Dia mengaku, saat hasil keluar, petugas pun melakukan tracing terhadap kontak erat. Menurutnya ada 18 orang yang diperiksa karena kontak erat dengan yang bersangkutan. 

Hasilnya, kata dia, calon suami dari pasien yang terdeteksi Covid 19 varian omicorn ini juga positif Covid 19. “Hanya saja belum keluar hasilnya apakah sama-sama Covid omicorn atau tidak, ” pungkasnya. 

Sebelumnya, Satu warga Kabupaten Madiun dilaporkan positif Omicron. Pasien diketahui merupakan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru saja pulang dari Hongkong.

“Kasus ini merupakan kasus Omicron pertama di wilayah Kabupaten Madiun. Terdektesi Kamis (13/1/2022) lalu,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Anis Jaka, Sabtu (15/1/2022). (yud)