Warga Keluhkan Penutupan Jalan Alternatif Ponorogo-Trenggalek

Reporter : Redaksi - klikjatim

KLIKJATIM.Com | Ponorogo – Sejumlah warga mengeluhkan penutupan jalur alternatif penghubung Kabupaten Ponorogo-Trenggalek. Mereka menilai, penutupan akses jalan tersebut mengganggu perekonomian mereka. Untuk itu warga meminta Pemkab Ponorogo mempertimbangkan kembali penutupan jalan tersebut.

BACA JUGA :  Sehari Ada 40 Pasien Positif Covid di Ponorogo, Satu Diantaranya Melahirkan Bayi

Keluhan warga disampaikan melalui poster yang dipasang di portal jalan. Mereka membentangkan poster hujatan yang ditujukan kepada pemerintah daerah, sejumlah warga Desa Jurug, Kecamatan Sooko bahkan sempat berunjukrasa di jalur alternatif perbatasan Kabupaten Ponorogo-Trenggalek.

Mereka kesal dengan kebijakan pemerintah daerah yang menutup total jalur perekonomian warga, baik dari Kabupaten Trenggalek maupun Ponorogo. Sebab, jalur ini merupakan satu-satunya akses warga untuk menuju ke lahan pertanian yang saat ini memasuki musim panen.

Sejumlah pengendara yang nekat melintas jalur tersebut terpaksa dibantu warga dengan cara mengangkat motor. Sebab selain berputar lebih jauh, sosialisasi maupun imbauan penutupan jalan belum dilakukan dan dipasang oleh pemerintah setempat.

BACA JUGA :  Pasca Gempa, Warga Tulungagung Diminta Jauhi Lokasi Rawan Longsor di Tulungagung.

Harsudi, warga setempat menuntut bronjong penutup jalan segera dibuka, karena menghambat akses ekonomi dari Ponorogo dan Trenggalek. “Khususnya warga Kecamatan Sooko di mana jalan ini sangat penting bagi warga Trenggalek dan juga Ponorogo. Apalagi di sini banyak petani hutan dan saat ini waktunya panen dan juga kami sulit untuk menjual maupun membeli karena akses ditutup,” kata dia.

Penutupan jalur alternatif tersebut dilakukan Pemkab Ponorogo sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 dari kabupaten tetangga. Sebelumnya, penutupan itu sempat diinformasikan Camat Sooko Nurkholik melalui WhatsApp. Bahwa, mulai besok (Jumat, 24/4) arah ke Ponorogo ditutup oleh Pemkab Ponorogo. Beberapa waktu lalu penutup jalan sudah dirusak. Namun, mulai besok penutup jalan akan dicor. (hen)