Warga Empat Kecamatan Dapat Bansos Dari Dinsos PPPA Nganjuk

Reporter : Iskandar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Nganjuk – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Nganjuk memberi bantuan sosial (bansos) bagi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar COVID-19, Senin (19/07/2021). Bansos diserahkan bagi 150 Kepala Keluarga (KK) di empat kecamatan berbeda. Yakni Kecamatan Bagor, Prambon, Berbek dan Ngetos.

Sugeng Winarto selaku Koordinator Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk menjelaskan, bansos tersebut didistribusikan melalui masing-masing kecamatan. Adapun isi bansos tersebut adalah berupa logistik bahan pokok sehari-hari.

“Seperti beras, minyak goreng, susu formula, sarden dan mi instan. Bansos diserahkan oleh perwakilan Tagana Kab. Nganjuk dan dibantu oleh TKSK masing-masing Kecamatan,” kata Sugeng sambil berahap bansos tersebut dapat membantu warga yang tengah isoman.

Sugeng menerangkan, alur permohonan bansos tersebut dimulai dari tingkat desa. Pertama, desa mengajukan bantuan bagi warga di wilayahnya yang tengah isoman di rumah, akibat terpapar COVID-19.

“Warga yang isoman wajib lapor Ketua RT. Kemudian, diteruskan kepada satgas COVID-19 tingkat desa. Dan dari desa, mengajukan permohonan bansos kepada kami. Selanjutnya, akan kami tindaklanjuti sesuai petunjuk pimpinan” lanjut Sugeng tentang alur permohonan bansos isoman.

Sebagai informasi, bansos tersebut diserahkan bertepatan dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Di setiap penyerahan bansos, turut diikuti perwakilan Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk. Termasuk di Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di setiap kecamatan. Serta perangkat desa setempat. (bro)