Warga Bondowoso Geger, Belasan Kambing Ternak Mati Secara Misterius

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Bondowoso—Belasan kambing milik warga Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso mati misterius. Warga setempat pun heboh lantaran matinya kambing tak wajar.

BACA JUGA :  Kemenpora Prioritaskan 17 Cabor Dapat Vaksinasi Covid-19, Sepakbola Tidak Dulu

Belum diketahui penyebab pasti kematian hewan piaraan mereka tersebut. Sebab, kambing-kambing tersebut posisinya ada di dalam kandang. Biasanya baru diketahui pagi hari saat kandang dibuka untuk memberi makan.

Kondisi kambing memang tak semuanya mati. Tapi ada juga yang terluka hingga bagian kakinya tinggal tulang saja.

“Pas pagi saya buka kandang untuk memberi makan, ternyata banyak yang sudah luka, bahkan ada yang mati,” kata Buk Muani, salah seorang pemilik kambing kepada wartawan di Bondowoso, Kamis (4/2/2021).

Tak hanya itu, kambing milik warga lainnya juga jadi korban. Meski tak sampai mati. Tapi bagian kakinya nyaris tinggal tulang juga. Seperti habis dimangsa binatang buas.

“Kalau pun dimangsa binatang lain, tapi hewan apa kira-kira ya? Kenapa kok cuma kakinya saja yang digigit, kok gak dimakan bagian lainnya,” tutur Buk Muani, yang mengaku hingga saat ini masih penasaran.

Informasi yang dihimpun, matinya belasan ekor kambing milik warga Sempol itu awalnya terjadi sekitar seminggu lalu. Sebanyak 11 ekor kambing mendadak mati dengan kondisi lehernya terluka.

Beberapa hari kemudian kejadian tersebut terjadi lagi, di kandang milik warga lainnya. Hanya saja, tak semua mati. Tapi beberapa ekor kambing terluka kakinya hingga tinggal tulangnya saja.

Dua hari kemudian kejadian tersebut terulang lagi. Beberapa ekor kambing mati misterius dengan kondisi ada luka kecil di leher. Pun ada pula yang luka di kakinya, kendati kambing tersebut masih hidup. (ris)