Wakil Bupati Jember Gus Firjaun Buka TMMD Ke-110 Wujud Sinergi Membangun Negeri

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

Wakil Bupati Jember, KH. Balya Firjaun Barlaman menghadiri acara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA. 2021

KLIKJATIM.Com | Jember – Wakil Bupati Jember, KH. Balya Firjaun Barlaman menghadiri acara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA. 2021 yang bertemakan “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” yang di selenggarakan oleh Kodim 0824/Jember di Desa Harjomulyo dan Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo pada Selasa (2/3/2021).

BACA JUGA :  Polisi Periksa Pabrik Logam, PT Long Xin Logam

Diawali dengan pembukaan acara, Wakil Bupati Jember mengaku sangat terbantukan dengan adanya program TMMD dari TNI ini. TMMD tentu saja membantu sekali kepada pemerintah daerah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga pemerintah Kabupaten Jember akan senantiasa selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan TNI, dengan program-program TNI yang langsung menyentuh masyarakat.

“Setelah ini pemerintah daerah akan melanjutkan program-program yang bekerja sama dengan TNI. Dalam hal program TMMD kita harapkan ada percepatan, baik dari sisi jumlah maupun dari segi kebersamaan masyarakat karena kita akan melakukan sebagaimana yang dilakukan TNI melalui TMMD. Dan, ternyata program ini lebih cepat dari yang diperkirakan karena keterlibatan masyarakat. Nah, ini yang kita harapkan, kebersamaan mengatasi masalah. Kita kerjakan bersama dengan TNI demi kepentingan masyarakat yang lebih luas,” tutur Gus Firjaun.

Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin dalam kesempatan ini mengungkapkan, Program dari TMMD sendiri diantaranya membantu dalam upaya percepatan dan akselerasi suatu wilayah, TMMD juga sangat bermanfaat untuk menumbuhkan semangat kebersamaan serta kekeluargaan di antara prajurit TNI dan masyarakat.

“Pelaksanakan TMMD ke-110 di wilayah Kodim 0824/Jember ini merupakan suatu hal cukup membanggakan bagi kita semua dan hal ini tidak terlepas berkat adanya semangat kebersamaan, kerja keras, gotong royong semua lapisan masyarakat, prajurit TNI, dan Pemerintah Kabupaten Jember,” ucap Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin TNI.

Dandim Jember menambahkan, sarana dan prasarana umum yang di bangun pada TMMD ke-110 berupa jambanisasi, renovasi RTLH, rehabilitasi mushalla 2 unit, pembuatan MCK 5 unit serta pembuatan pos kamling 2 unit untuk warga kurang mampu di Desa Harjomulyo dan Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo. Disamping kegiatan fisik, TMMD ke-110 ini juga melaksanakan kegiatan non-fisik (penyuluhan, wawasan kebangsaan, sosialisasi anti narkoba, penghijauan, penguatan Pancasila, dan lainnya).

“Semoga apa yang kita upayakan bersama tersebut dapat bermanfaat serta di pergunakan dengan sebaik-baiknya di rawat dengan maksimal agar memiliki usia pakai yang lebih lama. Nanti kedepannya disini juga akan menjadi pengembangan sasaran pemerintah daerah yaitu pembangunan infrastruktur jalan sehingga sinergi ini berjalan maksimal,” harap Dandim Jember. (rtn)