Wabup Sugirah Tinjau Rehab Rumah Terdampak Banjir di Desa Sumber Kencono Wongsorejo

Reporter : Apriliana Devitasari - klikjatim.com

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah meninjau rumah hasil rehabilitasi di Dusun Krajan, Desa Sumber Kencono, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi,

KLIKJATIM.Com | Banyuwangi  – Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah meninjau rumah hasil rehabilitasi di Dusun Krajan, Desa Sumber Kencono, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Rabu (9/6/2021). Empat rumah yang telah selesai direhab tersebut sebelumnya rusak parah akibat banjir yang melanda Desa Sumberkencono pada 27 Februari 2021 lalu.

BACA JUGA :  Sejumlah Anak Yatim Gresik Diajari Keselamatan Berlayar Sambil Buka Bersama

Wabup datang meninjau lokasi tersebut didampingi Camat Wongsorejo Sulistyowati dan Wakil Ketua Bidang Pendistribusian Zakat – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Banyuwangi, Edi Saiful Anwar, serta kepala SKPD terkait.

“Terima kasih kepada Baznas yang turun langsung membantu warga, dan juga atas kepedulian warga. Inilah bentuk kolaborasi yang baik, apa yang tidak bisa dilakukan pemerintah, Baznas turun langsung mengatasinya. Kerjasama yang sinergis inilah yang membuat angka kemiskinan di Banyuwangi bisa ditekan,” kata Sugirah.

Sekedar diketahui, rumah-rumah tersebut rusak karena banjir yang diakibatkan meluapnya dua sungai, yakni Sungai Jambean dan Dam Lampit secara bersamaan setelah diguyur hujan deras pada 27 Februari 2021 malam.  

Dari 32 rumah yang terendam banjir, terdapat 4 rumah yang rusak parah. Yakni milik Aswawi (57), Ahmad Seini (35), Tosari Wijaya (25), dan Agustinus Kolo (43). Kini keempatnya mengaku lega bisa menempati rumahnya kembali dengan kondisi yang lebih baik.

”Waktu itu dari pihak desa, kecamatan dan Baznas mensurvei kerusakan rumah saya, dan kemudian beberapa hari kemudian memberitahu kalau rumah saya akan diperbaiki. Saya sangat terharu. Terima kasih banyak, sekarang saya sudah bisa kembali menempati rumah saya,” ujar Seini yang mengaku mengontrak selama tiga bulan hingga rumahnya selesai pengerjaannya.

Sugirah lalu menyemangati warga. “Alhamdulillah sudah bisa ditempati lagi. Walaupun tidak sebagus awal, namun tetap nyaman ditinggali,” kata Wabup Sugirah.

Sugirah menjelaskan bahwa pemkab juga melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk menghindari banjir besar. Yakni normalisasi sungai dan perbaikan saluran primer di Desa Alasrejo yang bermuara ke pantai. “Harapan kami, dengan perbaikan bisa menghindari datangnya banjir seperti kemarin,” kata Sugirah. (rtn)