Wabup Jember: Hukum Adil Rakyat Makmur

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

Wabup jember KH Muqit Arief bersama Kajari Jember saat peringatan HBA dan peluncuran buku. (Abdus Syukur/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Jember—Wakil Bupati Jember KH Muqit Muzadi berharap dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 ini Kejari Jember semakin profesional dalam penegakan hukum. Wabup mengatakan, di antara indicator negara hukum adalah tegaknya hukum yang adil.

Kyai Muqit mengatakan, ketika hukum ditegakkan dengan adil, yang merasakan dampaknya adalah seluruh lapisan masyarakat. Sebab, dengan adanya keadilan kemakmuran juga akan terwujud.

BACA JUGA :  Bhakti Masyarakat Pelindo III, Serahkan 1.500 Paket Sembako untuk Warga Sidoarjo

“Semakin ditegakkannya hukum, maka wujud dari negara hukum semakin terasa,” tutur wabup usai acara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 di Universitas Jember, Senin, (20/7/2020).

Dalam kesempatan itu, Wabup juga menyampaikan selamat Hari Bhakti Adhiyaksa ke-60. “Kami berharap, jajaran penegak hukum di Indonesia, khususnya kejaksaan, bisa terus tegar, berkreasi dalam rangka penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya.

Peringatan HBA ke-60 di Jember berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain acara seremonial, acara HBA kali ini juga dilangsungkan peluncuran buku karya Kepala Kejari Jember Prima Idwan Mariza berjudul “Adhyaksa Penegakan Hukum dalam Perspektif Nilai Budaya, Historis, dan Kearifan Lokal”.

BACA JUGA :  Capaian BPHTB Gresik Hingga Agustus 72 Persen, Sisa 3 Bulan untuk Penuhi Target

Dalam peluncuran buku itu Kajari menyampaikan rangkuman dari buku karyanya, yakni penegakan hukum yang juga bisa dipengaruhi budaya setempat atau kearifan lokal.

“Bagaimana menciptakan aparat-aparat penegak hukum, khususnya jaksa yang paham dengan kearifan lokal setempat, budaya dimana dia ditugaskan,” ujarnya. (mkr)