Viral Vidio Risma Ajak Warga Pilih Eri-Armuji, Warganet : Kok Mekso Seh

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Tri Rismaharini dalam virtual Roadshow Online Surabaya berenerji. IST

KLIKJATIM.Com I Surabaya – Sebuah rekaman gambar dan suara Wali Kota Surabaya Tri Rismahari mengajak warga memilih paslon nomer urut 1 Eri Cahyadi-Armudji kini viral. Vidio berdurasi 1 menit 37 detik tersebut berisi kegiatan daring bertajuk roadshow online berenerji dan dengan beberapa peserta.

“Saya titip pada ibu, supaya program ini berlanjut, sebenarnya program ini saya mempunyai data yang membuktikan bahwa kehidupan ada sesuatu yang lebih baik.  Supaya program ini berkelanjutan, saya titip anak saya, Eri cahyadi bisa melanjutkan saya,” ujar Risma yang kemudian diikuti jawaban warga “siap bu” terekam pada menit ke 00.10 detik.

BACA JUGA :  Ini Empat Wisata Air Terjun di Mojokerto, Suasananya Sejuk dan Asri

Selanjutnya dalam vidio tersebut Risma menegaskan tak ingin Surabaya hancur di tangan yang salah.  “Saya titip sekali kepada ibu-ibu. Dalam pemilihan wali kota untuk lima tahun. Kalau kita salah pilih, maka kita akan menyesal selama lima tahun. Karena itu saya nitip. Insya allah ini yang terbaik yang saya pilih. Saya tidak mungkin, apa yang sudah saya kerjakan selama 10 tahun kemudian hancur lebur,” pesan Risma

Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Agil Akbar, mengatakan belum mengetahui pasti terkait vidio tersebut. Namun pihaknya sudah mendapat informasi adanya kegiatan kampanye yang dilakukan oleh paslon Eri Cahyadi-Armudji pada 18 Oktober 2020 bertajuk Roadshow Online berenerji. 

“Belum tahu, saya sudah tahu tapi itu kan memang kegiatan kampanye dengan tema roadshow online berenerji,” kata Agil.

Agil menjelaskan berdasarkan informasi yang didapat, Risma telah mengajukan cuti kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Surat pengajuan izin cuti dilampirkan jadwal rencana kegiatan kampanye, menghadiri dan melaksanakan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali kota Surabaya. “Surat itu ditujukan ke gubernur dengan tembusan ke KPU dan Bawaslu,” jelas Agil.

Namun yang jelas sebuah akun FB Alqhis Alqis menggunggah berita media online soal vidio ajakan mencoblos di group Suara Warga Surabaya. Warganet memberikan beragam komentar.

Misalnya Enjik Wee yang berkomentar “Angel wes Angel”.   Akun Aan Rooney menuliskan, Diakhir jabatanmu malah koyok ngene Mak, Istirahat lak enak, Malah gak respek meneh koyok meksono rakyat kunu milih iki (diakhir masa jabatan kok malah begini, istirahat kan lebih baik, malah tidak respek kalau memaksakan rakyat harus memilih). Lantas akun Riko Agusti menimpali, “Kok mekso se (Kok memaksa sih)”.

Akun Joan Chesta menuliskan komentar dukungan atas apa yang disampaikan Bu Risma. “Tak Pilih Ojok kwatir (saya pilih (eri) jangan kawatir,” tulisnya.(rtn)