Viral Video Buaya Berjemur di Lamongan

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Seekor buaya tampak berjemur di tepian Bengawan solo di Lamongan. (Ist)

KLIKJATIM.Com | Lamongan — Seekor buaya kembali muncul di tepian sungai Bengawan solo, tepatnya di wilayah Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan. Ditengarai kemunculan buaya tersebut karena air sungai Bengawan Solo mulai surut di awal musim kemarau.

BACA JUGA :  Tersangka Persetubuhan Anak di Benjeng Gresik Ngaku Menyesal

Informasi munculnya buaya di Parengan itu pertama kali diunggah oleh akun instagram @berita_lamongan_ yang menjelaskan, kalau peristiwa buaya menampakkan diri di bantaran Sungai Bengawan Solo yang ada di Desa Parengan, Kecamatan Maduran. 

“Kemunculan Buaya di Bengawan Solo! Mendapat laporan adanya buaya di Bengawan solo Parengan – Maduran oleh salah satu nitijen. Dari aktivitas buaya yang muncul ke permukaan seiring datangnya musim kemarau semoga kita selalu waspada saat beraktivitas disepanjang bantaran bengawan solo. Rabu, (9/6/2021),” demikian caption dalam unggahan akun @beritalamongan yang berisi video dan foto buaya sedang “berjemur” di pinggir sungai Bengawan Solo.

Camat Maduran, Harwa Wahyu Utomo membenarkan kemunculan buaya di wilayahnya. Dia mengaku mendapat laporan dari perangkat Desa Parengan.

“Ya saya dapat informasi dari perangkat desa yang dilapori (orang) yang mengabadikan buaya itu,” ungkap Harwa.

Sementara itu salah satu masyarakat warga Desa Parengan membenarkan kemunculan buaya tersebut. Warga benama Bachtiar Latif mengaku, video dan foto yang viral tersebut direkam oleh temannya yang sedang memancing di bantaran Sungai Bengawan Solo di Desa Parengan.

“Iya betul mas, itu penampakan buaya di Bengawan Solo di Desa Parengan, Kecamatan Maduran. Itu teman saya yang ngambil video,” bebernya, Rabu (9/6/2021).

Meski dalam video yang beredar hanya satu ekor, namun berdasarkan cerita Latif buaya yang muncul sebanyak 2 ekor dengan ukuran besar dan sedang. Penampakan buaya di bantaran sungai Bengawan solo yang ada di desanya tersebut baru pertama kali ini terjadi.

Untuk diketahui, penampakan buaya ini merupakan penampakan kali kedua terjadi di Lamongan, setelah pada Oktober 2019 lalu buaya terlihat “berjemur” di Kecamatan Glagah, Lamongan.

Saat itu, 3 ekor buaya menampakkan diri di tepian sungai Bengawan solo yang ada di Kecamatan Glagah. (nul)