Usai Ketemu Presiden, Wawali Solo Positif Covid, Jokowi Lakukan Swab

Reporter : Aries Wahyudianto - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Istana Presiden di Jakarta. Tim dokter kepresidenan segera melakukan tes swab kepada Presiden Joko Widodo. Itu dilakukan setelah Wakil Walikota Solo sekaligus Ketua DPC PDIP Solo, Achmad Purnomo yang pekan lalu bertemu presiden dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

BACA JUGA :  Maling Perumahan Karanglo Babak Belur Dimasa

Kepala Sekretaris Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan sesegera mungkin melakukan test swab. Hal ini setelah mantan gubernur DKI Jakarta itu Jokowi bertemu dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo pada Kamis (16/7) pekan lalu.

“Kemungkinan Pak Presiden melakukan test kesehatan secara cepat bisa kemungkinan sore ini swab test. Akan secepatnya yang biasanya rutin berkala sesuai jadwal yang dilakukan dokter untuk mencegah hal-hal yang kurang pas,” ujar Heru kepada wartawan, di istana kepresidenan, Jumat (24/7/2020)

Heru menambahkan, selain Presiden Jokowi yang sesegara mungkin harus dilakukan swab test ada juga protokoler yang melekat dengan kegiatan kepala negara tersebut. Menurutnya, ini dilakukan supaya tidak ada persepsi Wali Kota Solo Achmad Purnomo tertular virus Korona usai bertemu dengan Presiden Jokowi.

“Karena kan di sisi lain beritanya seolah-olah pak Achmad Purnomo ‎ setelah bertemu Presiden Jokowi. Jadi seolah olah dari istana (tertular setelah berkunjung ke Istana),” katanya seperti dikutip Jawapos.com.

Heru mengatakan, dirinya telah melakukan test swab yang hasilnya negatif. Test swab itu ia lakukan pada Kamis (23/7) kemarin.
“Setiap hari bertemu dan saya bekerja di lingkingan Istana Presiden, kemarin di swab hasilnya negatif, itu saja tolak ukurnya,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Kenaikan Harga Benur Lobster Untungkan Nelayan Pacitan

Diketahui, Achmad Purnomo Kini dia tengah menjalani karantina mandiri. Kabar tersebut juga dibenarkan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Menurutnya, Purnomo telah menjalani tes swab dan baru diketahui hasilnya positif.

“Sebelumnya sudah melakukan swab, hasilnya masih belum jelas. Tapi yang kedua hasilnya sudah positif Covid-19,” kata Rudy Hadyatmo.

Menurutnya, kondisi Purnomo tidak mengalami gejala sakit. Karena itu Purnomo diperbolehkan dikarantina secara mandiri. Setelah ini, Dinas Kesehatan akan melakukan tracing kepada siapa saja yang pernah bertemu Achmad Purnomo. Tes swab akan segera dijadwalkan.

“Pokoknya tidak usah khawatir. Tidak usah takut, nanti malah stres. Kita ikuti swab, semoga negatif semua,” katanya. (hen)