Upaya Percepat Kesembuhan, Pasien Covid Disemangati dengan Konsep Menyenangkan

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Pasien sembuh di RSDL Indrapura. (M. Shohibul Anwar/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Layanan di Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Indrapura sengaja dikonsep menyenangkan. Hal ini sebagai upaya mempercepat tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Jawa Timur (Jatim).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, setiap pagi seluruh pasien diajak berjemur dan senam bersama para tenaga kesehatan (nakes) yang merawatnya. Bahkan di RSDL ini juga tersedia coffee shop dengan layanan self service.

BACA JUGA :  Masa Transisi Malang Raya Hingga 14 Juni

“Upaya meningkatkan kesembuhan pasien covid-19 di Jatim adalah upaya yang tak henti kami lakukan. Prinsipnya, jika evakuasi pasien dilakukan dengan cepat, pelayanan juga cepat, maka kesembuhan juga dicapai dengan cepat,” kata Khofifah, Sabtu (11/7/2020).

Perlu diketahui sejak beroperasi pada 25 Mei 2020 lalu, RSDL sudah merawat sebanyak 419 pasien terpapar virus Corona. Dari total pasien yang dirawat, per tanggal 11 Juli 2020 sebanyak 371 pasien dinyatakan sembuh dan kembali ke keluarga.

BACA JUGA :  Gerebek Home Industry Tembakau Gorila, Polisi Amankan 4 Pria di Apartemen Siwalankerto

“Dan sebanyak 44 orang tengah menjalani perawatan serta 4 orang di antaranya dirujuk ke rumah sakit Covid-19 yang lain,” paparnya.

Mantan Menteri Sosial ini juga berharap, agar capaian ini nantinya bisa menular ke 99 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim. “Sehingga bisa meningkatkan case recovery rate Covid-19 Jatim dan menurunkan angka kematian atau case fatality rate,” pungkasnya. (nul)