Ubah Image Negatif, Bupati Yes Lantik Pengurus POBSI

Reporter : Rozy - klikjatim.com

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memainkan biliard di plaza Lamongan lantai 3 usai mengukuhkan POBSI.

KLIKJATIM.Com | Lamongan – Biliar atau permainan bola sodok sering kali dianggap sebagai sebuah aktifitas atau permainan dengan image negatif, namun tidak banyak yang tahu bahwa biliar merupakan sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori olahraga konsentrasi. Layaknya olahraga Catur, dalam Biliar juga dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang baik, yang ditunjang dengan kemampuan fisik yang prima, agar dapat mencapai prestasi.

Untuk itu, guna memasyarakatkan olahraga Biliar sebagai bentuk olahraga berprestasi yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Lamongan di kancah regional, nasional, bahkan internasional, pada Senin (15/5) di Lantai 3 Plaza Lamongan dilaksanakan Pelantikan Pengkab POBSI (Pengurus Kabupaten Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia) Lamongan masa kerja 2022-2026, dan Pembukaan Turnamen Biliar Bupati Cup Lamongan 2023.

Alih-alih memandang negatif Cabor Biliar, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi percaya bahwa meski terbilang cabang olahraga baru di Lamongan, namun dengan performa tim yang tangguh, koordinasi yang baik, maka tidak menutup kemungkinan Lamongan dapat meraih prestasi di bidang ini. Terlebih diungkapkan beliau jumlah medali emas dalam cabor ini cukup banyak, yakni 22 emas dalam Turnamen Biliar tingkat provinsi. Beliau juga mengajak agar pengurus segera melakukan konsolidasi, mempersiapkan atlet, dan melakukan pembinaan secara intensif, untuk mampu membalik stigma masyarakat terkait Biliar yang negatif menjadi Biliar yang berprestasi.

“Yang harus segera dilakukan adalah konsolidasi organisasi, mempersiapkan atlet, dan langsung melakukan pembinaan secara intensif. Melalui konsolidasi dan penguatan atlet ini, maka masyarakat dengan sendirinya akan mengubah pikiran negatif kepada prestasi-prestasi. Segera lakukan langkah-langkah, saya yakin olahraga Biliar ini akan menyusul menjadi olahraga rakyat, olahraga masyarakat,” pesan Pak Yes.

Ketua Umum Pengprov POBSI Jatim Pujo Asmara Hadi mengatakan bahwa yang paling utama adalah Pengurus POBSI harus satu tekad, selain itu juga harus sering berkoordinasi dan berhubungan dengan POBSI Jatim. “Sekarang tinggal tekadnya apa? Jawab pandangan orang-orang dengan prestasi. Pak Bupati saya yakin tidak butuh apa-apa, minta medali saja sudah. Bersama-sama memberikan prestasi, lakukan percepatan, apalagi Pak Bupati welcome sekali,” ucapnya.

Tidak hanya itu dilaporkan Suhartono Ketua Umum Pengkab POBSI Lamongan, bahwa dalam Turnamen Biliar Bupati Cup 2023 yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi Lamongan ke-454 ini, diikuti oleh 101 peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Lamongan. Ditambahkannya saat ini telah terdapat 4 ruang pusat pelatihan dari 10 ruang yang direncanakan akan dibangun di Lantai 3 Plaza Lamongan.

“Mohon untuk teman-teman ini dibina, nanti kalau ada calon atlet akan kita kader sampai terbentuk atlet Lamongan, dari Biliar yang dinegatif thinking kita jadikan prestasi Lamongan,” imbuh Suhartono. (yud)