Tunggu Kedatangan Vaksin ke Sidoarjo, Pj Bupati Hudiyono Siap Jadi Orang Pertama Disuntik

Reporter : Catur Rini - klikjatim.com

Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono meninjau tempat penyimpanan vaksin di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. (ist)

KLIKJATIM.Com | Sidoarjo – Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono mengaku siap menjadi orang pertama di Sidoarjo yang disuntik vaksin Covid-19. Hal itu disampaikan menyusul setelah vaksin merek Sinovac ini tiba di Provinsi Jawa Timur, Senin (4/1/2021).

BACA JUGA :  Belum Genap Sebulan 12 Kecelakaan Terjadi di Sumenep, 7 Nyawa Melayang

Dalam waktu dekat vaksin tersebut akan segera distribusikan ke kabupaten/kota di Jawa Timur, termasuk Kabupaten Sidoarjo. “Saya nanti yang akan disuntik vaksin lebih dulu, jika Presiden Joko Widodo saja berani termasuk Bu Gubernur Khofifah, maka saya sebagai pimpinan daerah harus berani memberi contoh untuk masyarakat Sidoarjo,” kata Cak Hud, sapaan Pj Bupati Hudiyono kepada awak media.

Tahap pertama pemberian vaksin ini akan dilakukan kepada tenaga kesehatan (nakes) pemerintah atau swasta. Khusus nakes yang memiliki riwayat penyakit bawaan atau komorbit akan ditunda sampai sembuh, dan baru kemudian disuntikkan vaksin.

Lalu pendistribusian vaksin tahap kedua nanti akan diberikan kepada TNI-Polri dan ASN. Karena mereka dinilai rentan dengan risiko. 

Sedangkan bagi masyarakat umum pemberian vaksin baru akan dilakukan pada tahap ketiga. Batasan usia penerima vaksin minimal 18 tahun dan maksimal 59 tahun. Syaratnya juga sama, yaitu tidak memiliki penyakit bawaan atau komorbit. 

Walaupun sudah ada kabar baik terkait kedatangan vaksin, namun masyarakat Sidoarjo tetap diimbau agar disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab vaksin saat ini hanya dengan menjalan prokes secara ketat, menjaga imun dan berdo’a. 

“Usaha kita sekarang yaitu menjalankan prokes dengan ketat, menjaga imun dan tak lupa berdo’a. Semoga warga Sidoarjo sehat semua,” tuturnya. (nul)