Tukang Tambal Ban di Malang Garong Onderdil Motor di Bengkel yang Ditumpanginya

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

Tukang tambal ban dan temannya telah diamankan Polresta Malang.

KLIKJATIM.Com | Malang—Dua pencuri berkomplot menggarong sebuah bengkel di Kota Malang. Pencuri yang diketahui bekerja sebagai tambal ban dan mantan karyawan bengkel ini membawa kabur onderdil motor senilai puluhan juta rupiah.

BACA JUGA :  Petani di Gresik Tewas Tersengat Jebakan Tikus di Sawahnya Sendiri

Aksi tersebut terungkap saat satu pelaku dan penadah barang curian berhasil diamankan Satreskrim Polres Malang Kota, senin (25/1/2021) siang. Pelaku nekat menggarong isi bengkel lantaran kesal sering ditegur dan dimarahi buka usaha tambal ban oleh pemilik bengkel yang ditumpanginya.

Pelaku pencurian FS, bekerja sama dengan mantan karyawan bengkel YS yang masih buron untuk mencongkel pintu belakang toko, kemudian mencuri onderdil senilai Rp50 juta.

Onderdil yang dibobol dari bengkel yang beralamat di Jalan Sukarno Hatta, Kota Malang tersebut kemudian dijual pada penadah yakni IP yang turut ditangkap petugas. Keduanya pun langsung diperiksa petugas.

Kepada petugas, FS mengaku melakukan pencurian karena kesal dilarang membuka usaha tambal ban di depan bengkel yang dibobolnya oleh pemilik bengkel.

“Saya kesal karena pemilik bengkel larang saya buka tambal ban, uangnya saya pakai sehari-hari di jakarta sama yus pak,” tutur pelaku di hadapan penyidik polisi.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Tinton Yuda Riyambodo mengatakan, pelaku sempat kabur ke Jakarta dan menghabiskan uang hasil penjualan onderdil sebelum kembali ke malang.

Polisi pun langsung menangkap pelaku saat mengetahui keberadaannya. Akibat perbuatannya, untuk pelaku pencurian dijerat pasal 363 dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara, sedangkan untuk penadah dijerat pasal 480 dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (hen)