Tol Legundi-Manyar KLBM Bakal Lanjut Hingga Tuban * Tol Legundi - Bunder Bakal Beropesi September 2020

Reporter : Redaksi - klikjatim

Ruas Tol KLBM yang ditarget beroperasi September bakal dilanjut hingga Tuban.

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Proyek jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) seksi I sampai III yang menghubungkan Sidoarjo-Gresik bakal dilanjut hingga Tuban. Namun rencana itu menunggu penyelesaian pembangunan ruas KLBM yang ditarget September beroperasi.

BACA JUGA :  Eric Tohir Tunjuk Wishnutama Jadi Komisaris Utama PT Telkomsel

Gatot Sulistyo Hadi Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim mengatakan, kalau pembangunan seksi IV Bunder-Manyar dilanjutkan, ruas tol ini akan menjadi cikal bakal yang akan diteruskan ke Tuban (Tuban-Manyar). “Nanti juga akan ketemu dari Ngawi, Bojonegoro, Tuban. Ada juga yang mengusulkan Tuban-Lamongan-Bunder atau Manyar,” ucapnya.

Namun rencana tersebut masih sebatas rencana. Sebab, menunggu penyelesian ruas KLBM sepanjang 29 kilometer ini. Setelah tuntas ruas KLBM tuntas, September mendatang, akan dilanjutkan KLBM seksi IV meliputi Bunder-Manyar (seksi IV) . “Saat ini untuk seksi IV masih tahap pengukuran, masih diinventarisir kebutuhan tanahnya. Tapi jadi tidaknya masih tanda tanya,” kata Gatot.

BACA JUGA :  Miris, Libur Pandemi Pelajar SMA asal Balongbendo ini Jualan Sabu

Jalan tol ruas KLBM ini, kata dia, sebenarnya juga bersinggungan dengan tol Surabaya-Mojokerto. Namun untuk IC (interchange) dari KLBM ke Sumo belum tersedia. “Sementara masih melalui saja, belum ada crossing dari KLBM ke Sumo. Itu (IC) juga akan dibangun tapi selesainya 2021. Sementara ini masih lurus saja,” ujarnya.

Untuk operasional jalan tol sendiri, Gatot bilang masih menunggu peresmian oleh Presiden. Biasanya, peresmian itu tidak lama setelah pembangunan selesai. “Karena jalan tol ini juga dibutuhkan masyarakat, apalagi menunjang Jalan Cerme yang sedang diperbaiki,” pungkasnya. (hen)