Toko Tembakau Totem Gresik, Solusi Nyebat Hemat Ditengah Kenaikan Harga Rokok

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Nyebat hemat: Kurniawan menunjukkan salah satu produk tembakau kemasan di Toko Tembakau Totem Gresik yang dikelolanya (Abdul Aziz Qomar/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Toko Tembakau Totem di Gresik yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim bisa menjadi solusi bagi penikmat rokok ditengah kenaikan harga rokok sekarang.

Ya, Totem rintisan Kurniawan (49) dan Malanun (55) ini menyediakan tembakau lintingan berbagai jenis dan merek. Selain itu, penikmat rokok juga bisa membeli kertas lintingan (papir), filter dan alat linting.

Kurniawan menyebut, ide membuka Toko Tembakau Totem diilhami naiknya harga rokok kemasan jadi.

“Segmen kami pekerja, buruh, tukang dan sebagainya,” katanya saat ditemui di gerai Totem, Sabtu (13/08/2022).

Dia mengklaim, tembakau ‘curah’ itu tak kalah nikmat dibanding rokok kemasan pada umumnya. Selain itu harganya lebih ekonomis lantaran menghasilkan lintingan batang rokok lebih banyak.

Kurniawan mencontohkan, tembakau kemasan merek Heritage seberat 30 gram, bisa menghasilkan 50 batang lintingan.

“Harganya Rp24 ribu, batang rokok lebih banyak yang dihasilkan,” bebernya.

Bagi konsumen yang menyukai tembakau rajangan, di Totem juga menyediakan berbagai macam jenis. Bahkan tembakau asal Gayo, Aceh yang terkenal itu tersedia di Totem.

“Kalau tembakau rajang, yang paling murah Rp18 ribu per 100 gram, yang paling mahal Rp55 ribu per 100 gram,” jelas Kurniawan.

Tembakau giling dan cengkeh rajangan untuk campuran lintingan rokok bagi penyuka kretek bisa juga mencoba membeli di Totem.

Menurut Kurniawan, jenis tembakau giling yang disediakan berasal dari UMKM lokal di daerah penghasil Tembakau di Jatim.

“Yang tembakau giling ini Rp16-20 ribu per 100 gramnya. Yang tembakau kemasan tadi Rp10 ribu sampai 25 ribu per 30 gram,” tandasnya.

Sementara itu, Malanun menceritakan, tembakau lintingan mempunyai pelanggannya sendiri. Mereka memiliki ketertarikan untuk mengeksplorasi racikan kombinasi tembakau dan cengkeh yang khas.

“Kemarin di salah satu event kita buka tenant, ya cukup ramai yang minat,” ujarnya saat pembukaan Totem. (yud)

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *